Sedikit koreksi:

dalam wawancara dengan wartawan Jakarta Post dan Surabaya Dot Com
disela-sela memberikan kuliah sehari tentang Sedimentologi dan GeologiMinyak
Bumi Indonesia di Jurusan Geofisika Unibraw -Malang-  kemarin (27/10/05)
saya mengungkapkan bahwa:

1. Paradigma berpikir semua pihak yang terlibat di urusan migas (pemerintah,
dpr, perg tinggi, assosiasi profesi, swasta, industri, lembaga penelitian)
mustinya diubah dari "pesimisme apatis" menganggap minyak kita sudah habis
menjadi "optimisme kreatif" mengeksplorasi pemikiran, konsep, dan cara-cara
baru untuk mendapatkan tambahan cadangan migas Indonesia. Bukannya migas
Indonesia potensinya terbatas, tetapi sebenarnya justru "pemikiran" kitalah
yang terbatas. Untuk itu kita semua perlu membuka diri terhadap ide-ide
baru, opini-opini baru, fakta-fakta baru yang selama ini tersembunyi dibalik
tumpukan pemikiran, kertas-kertas publikasi, hasil-hasil diskusi para ahli
eksplorasi Indonesia. Diantaranya adalah fakta bahwa hanya 25% dari >60
jumlah cekungan di Indonesia yang berproduksi, sisanya ada yang sudah
dieksplorasi tapi belum juga diproduksikan, sudah diekplorasi tapi tidak
optimum, atau sama sekali belum dijamah. Jangan dulu bicara soal migas kita
terbatas kalau belum menjelajah keseluruhan cekungan di Indonesia dan
memperlakukan mereka secara adil sama dengan cekungan2 lain yang sudah
berproduksi.

2. Untuk membuka jalan eksplorasi ke cekungan-cekungan selain yang sudah
berproduksi kita harus lebih memprioritaskan survei-survei spekulatif (spec
surveys, bukan spot mapping seperti dituliskan oleh wartawan) terutama
dengan mengakuisisi data geofisik (seismik, gravity, magnetic) daerah-daerah
tersebut; tentunya bukan dengan hanya mengandalkan bujet anggaran dari
pemerintah, tetapi lebih menggalakkan peran swasta (asing maupun nasional)
untuk melakukan survei-survei spec tersebut. Tentunya yang perlu dilakukan
oleh pemerintah adalah memberikan kemudahan-kemudahan melalui regulasi untuk
spec survei tersebut, baik dengan membuat bentuk kontrak-kontrak baru yang
tidak harus ada komitmen pemborannya (cukup akuisisi data dan interpretasi
saja); maupun dengan menerapkan kebijakan data terbuka (open data source)
sesuai dengan yang diamanatkan oleh UU22/2001 maupun PP35/2004, tanpa harus
terbebani oleh kepentingan sempit perusahaan kontraktor eksisting yang
kadang-kadang bisa menahan data dg umur >8tahun atas alasan bisnis/komersial
perusahaan ybs.

3. Dalam rangka penambahan cadangan migas skala fast-medium track kita bisa
konsentrasi di 16 cekungan yang sudah berproduksi dengan menerapkan
prinsip/konsep 3 siklus/fasa eksplorasi migas yang belum paripurna di
cekungan-cekungan tersebut. Yang bisa dilakukan pemerintah adalah membuat
regulasi khusus (sub-kontrak, split, insentif, dll) untuk mereka yang mau
melakukan eksplorasi di zona-zona yang masuk dalam kategori siklus yang
berbeda dari yang sudah ada dan berproduksi di lapangan/cekungan tersebut.
Perhitungan jumlah cadangan terbukti&potensial yang keluar angka resminya
dari pemerintah 8-9 Milyar Barrel itu samasekali tidak memperhitungkan
upside potensial dari target-target eksplorasi dari siklus yang berbeda di
berbagai lapangan/cekungan yang ada. Mustinya kalau upside potential itu
ikut diperhitungkan dan didorong untuk dikejar, maka angka cadangan kita
dengan cepat akan berubah naik signifikan (bisa 2 kali lipat dalam waktu 5
tahun kedepan: refer to Cepu Block dan JBB Block Pertamina).

Secara terpisah, ketika wartawan menanyakan usulan apa yang selama ini
diajukan oleh IAGI dan nampaknya diresponse positif oleh pemerintah
menyangkut bidang kegeologian sumberdaya ekstraktif, saya menjawab:

4. Bahwa statement IAGI tentang bahwa pemetaan geologi (dan geofisik)
Indonesia belum selesai ternyata diacknowledge juga oleh pemerintah; karena
saya mendengar bahwa mulai tahun depan lewat Badan Geologi ESDM (nantinya
Badan Geologi Nasional) akan dilaksanakan program-pprogram pemetaan lebih
rinci dari skala100.000 di Jawa dan lebih rinci dari skala 250.000 di luar
Jawa.

Rupanya sang wartawan menggabungkan nomer 4 dengan nomer 1-2 sedemikian rupa
sehingga di running text_nya Metro TV yang keluar seperti itu.

Salam

adb