Saya masih menyimpan tanggapan seniman Sardono W.Kusumo tentang maraknya
pembakaran buku di republik ini, ucapannya dikutip dibawah (dalam Detik.com
10 Mei 2001 ):

Sedangkan untuk buku-buku karya sastra, menurut Sardono, tidak gampang
menilai mana buku yang bermuatan komunis atau tidak. Hal tersebut karena
karya sastra mengandung multi-interpretasi dan paradok-paradok yang dalam
pemahamannya tergantung dari referensi pikir setiap pembaca.

"Kita tidak bisa berpikir secara hitam putih untuk sebuah karya sastra.
Misalnya, apakah setiap karya Pramoedya (Ananta Toer) bermuatan faham
komunis. Nilai-nilai luhur kemanusiaan serta paradoks nilai dan pemikiran
banyak terkandung dalam karya-karya Pram," tandas budayawan yang juga
koreografer handal tersebut.

"Karya-karya besar Pram adalah karya yang mengandung muatan humanisme dan
paradoks nilai tersebut, bukan karya-karya yang berbau slogan," kata
Sardono. Jadi, menurutnya, sangat tidak demokratis kalau menghakimi secara
hitam putih untuk sebuah karya seni.(tis)

Saya kira, setiap tulisan selalu mempunyai sisi subjectif penulisnya, dan
para pembaca bebas menarik makna yang hendak diminatinya. Kalau dunia ini
hanya berisi tulisan (yang notabene adalah pengejawantahan pikiran
penulisnya) yang serupa, alangkah monoton nya hidup kita. Perbedaan
pandangan adalah anugerah yang selayaknya dirayakan.

bat