Paulus,
GammaRay Log mengukur pancaran sinar gamma atau tingat radioaktif yg
keluar dari batuan. Sifatnya pengukurannya PASIF,  artinya alat pengukur
ini tidak menggunakan sumber radio aktif yg dipancarkan oleh tool tsb.
Setahu saya GammaRay log bukan menunjukkan sifat absorbsi dari
batuan/mineral.
Berbeda dengan density-neutron tool yg secara AKTIF menggunakan sumber
radioaktif yg ditembakkan dari alat, dan yg dibaca adalah pantulan dari
neutron tsb. Sehingga bisa saja dianggap menunjukkan sifat
absorbsi/refleksi terhadap pancaran sinar radioaktif.
Saya yakin tidak ada hubungan dengan luas permukaan butiran, aku ngga
tau dari mana logika ini muncul :)
Cmiiw.