ya memang organic matter tidak punya radioaktivitas. Kalo ada organic shale yang ber-radioaktivitas ya kenapa tidak? (lebih tinggi atau lebih rendah dari shale "biasa" itu hal yg mungkin saja di alam). PAda beberapa kasus, shales dapat mengandung unsur uranium (yang radioaktif) berasosiasi dengan oragnic matter sebagai uraninite UO2 yang terpresipitasi dalam kondisi2 reduksi yang merupakan favorable conservation bagi organic matter. . Jadi logika Kang Shofi mengharapkan (=cari) gejala radioaktif pada endapan kaya orgnic matter enggak dilarang tapi pemakain logika spurious (istilah RDP) and circular argument pada setiap gejala geologi harus hati2..bisa-bisa kejeblos..

ngomong2 ttg GR saya kutip waktu ikut kursus sekian tahun lalu statement :"we have to go no further than to see the extrapolation of the Gamma Ray log from a simple measurement of the natural radiation of the earth to "God's Gift to the Geologist" and used as a correlation tool for everything from grain-size to depositional facies to sequence identification to production indicator - why would we need anything else?

salam
sanggam
==