Bagaimana dengan Dual-Packer Test (DPT) ada yg menyebutnya mini DST ?
DPT ini mirip DST openhole namun hanya utk interval yg sangat pendek.
Pengalaman saya menggunakan DPT ini cukup membantu dengan flowrates.
Namun hanya utk 1 meter (3 ft) interval saja. Dengan DPT kita juga
bisa memperoleh deliverability serta flowing pressure dan perkiraan
permeability.

Namun DPT juga tidak sebagus DST, tentusaja. Radius investigation
(drainage) juga sangat terbatas. Tetapi biayanya jauh lebih murah dr
DST seandainya masih ragu2 utk melakukan DST yg harus memasang casing
dll.

Data DST sering dipakai (diharuskan ada) utk sertifikasi cadangan.
Sehingga utk Gas Field DST sangat penting. Saya tidak tau persis,
apakah MDT dan DPTdapat dipakai utk sertifikasi cadangan pengganti DST
?.

> Pak Husni,
> di MDT anda bisa lakukan sampling pada interval-2 yg prospek. Biasanya pada
> development field orang cukup lakukan Pump-out, karena kita bisa korelasi
> dg sumur-2 sekitarnya. Tetapi apabila dilakukan pada exploratory well,
> biasanya Pump-out (OFA) saja dirasa belum cukup, sehingga kita bisa lakukan
> sampling. Dengan sampling anda bisa lakukan analisis lebih lanjut pada
> formation fluid yg anda ambil samplenya.
> Kalau nggak salah sekarang ini sekali run MDT bisa ambil 6 sample, tetapi
> mungkin biayanya mahal.
> [...]

--Writer need 10 steps faster than readeR --