On 12/8/05, Awang Satyana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Keinginan memajukan bahasa Indonesia sebagai bahasa
> pengantar ilmiah harus menjadi tujuan. Hanya, karena

Pak Awang,
Apakah Bahasa Indonesia memiliki syarat2 sebagai bahasa pengantar
ilmiah yg baik. Misal ttg DM (diterangkan-menerangkan), not time
dependent (beda dg Inggris), perbendaharaan kata dsb.
Kadang aku pikir bahasa jawa itu memiliki perbendaharaan kata yg
buanyak sekali, sangat detil utk setiap aspek.
misal "menengok" dalam bahasa jiwa bisa ada:
"ungak-ungak" = menengok diatas tembok
"anguk-anguk" = menengok kebawah (sumur)
"ndangak" = menengok keatas.
"inguk-inguk", dll

kmudian "terlepas", ini bisa saja "pithil, pothol, prithil, thethel,
prethel, nglethek, nglothok dll" masing2 memiliki arti khusus.

RDP
"bukan bhasa-bhasi"