> Di samping itu, database proceedings ini, apakah
> Sekretariat IAGI sekarang punya semua koleksi
> proceedings IAGI dari PIT no. 1 sampai yang kemarin
> itu(PIT no. 34)?

Pak Awang,
Setahu saya meskipun PIT IAGI sudah sampai no 34 bukan berarti
proceedingsnya juga sudah sampai nomor tsb. Rasanya sampai sekitar nomor
duapuluhan, belum musim PIT IAGI mengeluarkan proceedings (tolong dikoreksi
kalau ada yang ingat lebih detail).

Pada waktu PIT IAGI di PPTM (tahun 87-88 kalau nggak salah, jadi PIT yang 17
atau 18 an lah) dan masih mahasiswa, saya sempat jadi tenaga sukarela.
Seingat saya, saat itu makalah diperbanyak kalau ada yang pesan (foto copy
dan bayar di tempat) dan sifatnya masih per makalah alias lepas-lepas. Ada
juga beberapa presenter dari perusahaan biasanya membawa eksemplar ekstra
untuk dibagikan pada saat mereka presentasi.

Tapi memang PIT memerlukan proses standarisasi supaya bisa menjadi lebih
punya "gengsi". Pengalaman ikut 3 kali jadi seksi makalah, saya merasakan
pengaruh 'selera' panitia yang sangat kental. Dalam hal ini termasuk di
dalamnya soal bahasa yang menjadi pilihan panitia. Dalam hal ini saya setuju
dengan usulan Abah untuk membuat suatu komisi PIT di tingkat PP supaya ada
proses standarisasi (termasuk tentunya soal sponsorship, audit laporan
keuangan dll...).

Tentang penghargaan best presenter atau best paper (mana yang benar ya...?)
dulu diberikan piagam Lasut yang bentuk plakatnya sudah standar terbuat dari
kuningan dan kayu (bagus sekali desainnya). Saya tidak tahu apakah tradisi
ini masih diteruskan, karena setahu saya di sekretariat tidak punya
duplikatnya (dulu sempat pinjam kepada salah satu pemenang untuk dicopy).