Sorry tadi saya salah, maksud saya Pekanbaru bukan Riau.

Salam,
LTH

-----Original Message-----
From: Rovicky Dwi Putrohari [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, December 12, 2005 1:39 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] Next PIT-IAGI

On 12/12/05, Batara Sakti Simanjuntak <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Ada baiknya PIT di luar Jawa memang. Makasar sudah sedia, Pekanbaru
juga
> lo.., dua kota lain juga..., jadi...dimana dong ?.
>
> Saya yakin, kabinet baru di IAGI pasti akan berpikir keras ya....
> ada bantuan pemikiran dari rezim ADB, setidaknya ttg kriteria dan
hal-hal
> yg mestinya dihindarkan ?

PIT bukanlah satu-satunya kegiatan IAGI yg berskala nasional. Banyak
kegiatan IAGI yg skalanya nasional, juga internasional selain PIT. PIT
hanyalah sebuah kegiatan rutin tahunan yg dilakukan IAGI. Yang perlu
hati-hati adalah sebuah kegiatan rutin yg akhirnya menjadi sebuah
"tradisi". Biasanya, tidak selalu sih, sebuah kegiatan yg menjadi
tradisi akan sulit diubah, baik tanggal atau bulan penyelenggaraannya,
tempatnya serta jenis atau isi dari kegiatan tersebut.
Perlu diingat bahwa tradisi sulit sekali "berubah". Sehingga kalau
kita tidak mengikuti kegiatan2 tersebut akan sering terkaget2 bahwa
ternyata ada kegiatan yg sudah berubah.

Apakah PIT boleh diluar Jawa ?
Jawaban singkat sih mnurutku BOLEH saja (personal opinion) .... yang
perlu ditegaskan lagi adalah kesiapan Sekretariat daerah tersebut dan
kesiapan Sekretariat Pusat.

Ada baiknya masing2 Pengda mempersiapkan sebuah Seminar Nasional,
dengan topik khusus sebagai ajang latihan sebagai "event organizer".
Banyak yg dapat dipelajari dari penyelenggaraan seminar topik khusus
ini. Termasuk bagaimana susahnya mensortir tulisan atau makalah, ini
kalau ada yg mengirimkan, bahkan seringkali bagaimana sulitnya mencari
penulis2 utk berkenan menulis makalah ini kadang justru yg lebih
berat.
"Berlatih menjadi event organizer" ini aku rasa perlu dilakukan
pengda2 yg tertarik utk menyelenggarakan PIT yang "secara tradisi"
memiliki pengunjung, makalah, booth pameran dll dengan jumlah yg lebih
besar dari event2 lainnya.

Aku yakin Pak Syaiful (ENI) memiliki pengalaman sangat banyak ttg
jenis2 seminar mulai dari Evening talk, Lunch Talk, Seminar Nasional,
Seminar Regional dan Internasional dan juga PIT-PIT dibeberapa tempat
dapat memberikan informasi lebih banyak. Masing2 kegiatan ini ada
spesifikasi khusus dan penanganannya juga unik utk masing2 kota dsb.
Jadi saya sarankan mengundang saja Pak Syaiful ke Makasar, Lombok dll
utk berbagi info dan pengalamannya sebagai "event organizer". Apa saja
yg harus dipersiapkan, mulai kapan disiapkan, dead line, dll.

Presentation is entertainment - kata Pak Syaiful

Komisi Sedimentologi (FOSI) : Ratna Asharina
(Ratna.Asharina[at]santos.com)-http://fosi.iagi.or.id
Komisi SDM/Pendidikan : Edy Sunardi(sunardi[at]melsa.net.id)
Komisi Karst : Hanang Samodra(hanang[at]grdc.dpe.go.id)
Komisi Sertifikasi : M. Suryowibowo(soeryo[at]bp.com)
Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin(ridwan[at]bppt.go.id atau
[EMAIL PROTECTED]), Arif Zardi Dahlius(zardi[at]bdg.centrin.net.id)
Komisi Database Geologi : Aria A. Mulhadiono(anugraha[at]centrin.net.id)