Saya setuju dengan Pak Yanto. Nasionalisme jangan hanya diartikan sempit,
berarti harus memakai Bahasa Indonesia. Soal bahasa kan hanya teknis
penyampaian saja. Justru malah aneh, kalau kita mempublikasikan dengan
bahasa Indonesia, karena hanya dimengerti orang Indonesia saja, tetapi
tidak bisa dimengerti sebagian besar ahli geologi lainnya.

Nasionalisme harus diartikan secara lebih luas. Misalkan saya menganggap
van Bemmelen lebih Indonesianis karena telah meneliti hampir seluruh
geologi Indonesia secara menyeluruh. Kita juga akan lebih "nasionalis" jika
bisa menulis paper tentang geologi Indonesia dalam bahasa Inggris sehingga
bisa dibaca dan dimengerti hampir seluruh geologi di dunia.

Dulu saya pernah ngurusin technical program PIT IAGI yang di Bidakara (1999
kalau nggak salah). Dan waktu itu, memang disyaratkan semua paper yang
masuk harus berbahasa Inggris. Dan ternyata, sebagian besar paper juga bisa
dalam bahasa Inggris, bahkan sampai 4 volume proceeding dengan tim editor
yang berbeda-beda. So, we can do it! Nah, kondisi sekarang saya kurang
tahu, dan saya akan bertambah heran kalau kita balik ke Bahasa Indonesia.

Salam -

                      [EMAIL PROTECTED]

                      d                        To:      iagi-net@iagi.or.id

                                               cc:

                      12/12/2005 04:14         Subject: Re: [iagi-net-l] Bahasa
Indonesia vs. Bahasa
                      PM                       Inggris ?

                      Please respond

                      to iagi-net

  Rekans

  Untuk menjadi bangsa yang besar , kita harus juga mengaplikasikan
  "nasionalisme" dengan strategi yang benar dan jitu.
  Khusus mengenai pemakaian Bahasa Indonesia mungkin kita perlu melihat
  tujuan dari PIT (baik IAGI maupun HAGI).

  Sebagai ilmu yang mempelajari alam , maka masalah yang didiskusikan
  baik dalam keseharian maupun dalam forum TIDAK dibatasi oleh batas
  negara.
  Dalam kondisi yang sejenis , apa yang terjadi dan terdapat dinegara kita
  dapat terjadi, terdapat juga dibagian dunia lainnya.

  Ini adalah "nature" dari ilmu kebumian.

  Dengan demikian , apa yang sedang "trend" di Amerika Serikat upamanya,
  akan juga mempengaruhi pemikiran dibagian dunia lainnya.
  Perkembangan theori geologi dari model alpen , continental drift Wagener,
  jaman turbidite , plate tectonic telah membuktikan hal ini.

  Sebagai bagian dunia , yang merupakan laboratorium yang cukup lengkap
  maka Indonesia atau dibaca lebih lengkap Ahli Kebumian Indonesia
seharusnya dapat memberikan kontribusi yang besar.

   Dan , wajar apabila Penulis penulis asing dalam publikasi di LN "hanya"
   menjadikan makalah di IPA (yang BUKAN merupakan Asosiasi Profesional)
   sebagai reference, karena mereka dapat mengerti isinya, karena ditulis
   dalam Bahasa Inggris.

   Dengan demikian, jelas apabila IAGI dan HAGI mau mengetengahkan pemiki-
   rannya dikancah global, tidak ada jalan lain selain menyajikan
   procceding-nya dalam bahasa Inggris.
   Mengapa procceding ? Karena sebagai reference biasanya penulis , me-
   "reffer" kesitu , dan BUKAN pada presentasi.

   Apakah presentasi harus Bahasa Indonesia atu Inggris , menurut saya
   penulis harus menyiapkan keduanya , sehingga apabila peserta dalam
   ruangan jumlah pendengar non Indonesia dapat menyesuaikan diri.
   Dengan teknologi saat ini mempersiapkan hal ini bukanlah hal yang
   sulit.

   Jadi kalau kita mau didengar orang , ya kita harus berbicara atau
   menulis dalam bahasa yang mereka mengerti.
   Apakah ini merupakan suatu yang non- nasioanlistik ?
   Saya kira tidak .

   Wassalam

   Si Abah
   (kok panjang bener ya , kaya ceramah aja , sorry berat)

  Pak Awang,

> [...]
> dibeli" oleh banyak institusi riset dan universitas. Mungkin untuk IAGI
> bisa
> memulai dulu dengan mengirim exemplar gratis ke banyak perpustakaan
> universitas dan institusi riset di dalam negeri dan manca negara
(terutama
> yang fokusnya ke asia tenggara model Royal Halloway itu...).
>
> Mudah-mudahan dengan promosi ini lama-lama mereka jadi "ketagihan" dan
> lama-lama mau bayar.
> (itung-itung biar stok proceedings di sekretariat tidak numpuk sehabis
PIT