Saya selalu melihat ada mahasiswa setiap hari saya nengok, memang tidak berdesak-desakan seperti nonton dangdut. Tetapi bahwa digunakan ya, paling tidak saya.

----- Original Message ----- From: "Rovicky Dwi Putrohari" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <iagi-net@iagi.or.id>
Sent: Saturday, December 17, 2005 7:55 AM
Subject: Re: [iagi-net-l] Klompe Library

"Sehubungan dengan adanya reorganisasi ITB tersebar selentingan khabar
bahwa dengan  dibubarkannya Departmen Teknik Geologi dan ditariknya
fasilitas seperti perpustakaan ke lingkungan Fakultas, maka bersama ini
kami mohon perhatian atas kelanjutan keberadaan Perpustakaan Klompe
(Klompe Library).
=== deleted safe bandwith ====

Menarik sekali, ada greget pak Koesuma utk mempertahankan sebuah perpustakaan. Namun yg lebih menggelitik saya, apakah pemanfaatan library itu sudah optimal ?
Siapa pembacanya ? bagaimana biaya pemeliharaannya ?

Keberadaan perpustakaan ini merupakan tindakan nyata sebuah
pembangunan sarana-prasarana fisik, namun menumbuhkan "minat membaca"
(apalagi membaca buku klasik) semestinya merupakan awal dari ide
pembangunan sebuah perpustakaan. Walaupun bisa juga dibalik. Kita
iming2 dengan dengan gedung bagus supaya minat membaca jadi tumbuh.
Bukan berarti saya maunya yg praktis saja loh, tetapi menumbuhkan
minat baca itu bukan perkara mudah, karena "menumbuhkan minat" ini yg
disentuh manusianya bukan materinya. Dan jangan sampai kita hanya
mempertahankan sarana fisiknya saja, yg tentu saja akan makan biaya yg
akan menambah beban universitas. Apalagi sedang diributkan biaya
kuliah/sekolah terasa mahal

Setelah minat mambaca itu tumbuh tentunya harus diteruskan dengan
minat menulis. Seperti signature saya dibawah ... penulis itu harus
selalu didepan pembaca.

"Challenge" buat pihak ITB (dan juga kita smua) untuk menumbuhkan
minat membaca mahasiswa, eh juga termasuk dosennya.... bahkan
sekaligus alumninya (termasuk kluarganya).

--Writer need 10 steps faster than readeR --

Komisi SDM/Pendidikan : Edy Sunardi(sunardi[at]melsa.net.id)
Komisi Karst : Hanang Samodra(hanang[at]grdc.dpe.go.id)
Komisi Sertifikasi : M. Suryowibowo(soeryo[at]bp.com)
Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin(ridwan[at]bppt.go.id atau [EMAIL PROTECTED]), Arif Zardi Dahlius(zardi[at]bdg.centrin.net.id)
Komisi Database Geologi : Aria A. Mulhadiono(anugraha[at]centrin.net.id)