Mas Yan,

1.           Untuk menjawab pertanyaan Mas Yan sebenarnya harus dilihat
dulu geologi daerah tersebut. Jadi batuan potensi PAF, metoda sampling,
penempatan PAF di final dump / wetland sangat site specific artinya bisa
berbeda satu site dengan site lainnya. Mungkin strategi AMD di Adaro
akan berbeda dng site lain. Tetapi secara garis besar guideline akan
sama.

2.           Menurut saya yg pertama dilakukan adl melakukan klasifikasi
batuan Adaro dengan static dan kinetic test shg bisa diketahui misalnya
batuan A adl acidic dan batuan B adl benign lengkap dengan segala
karakteristiknya.

3.           Setelah itu ditetapkan strategi sampling dan penempatannya
di final dump.

4.           Strategi sampling dan penempatan waste rock juga harus
melihat size bucket shovel dan mining sequence. Bila alatnya seukuran
PC300 Hitachi (misalnya) berarti kemungkinan untuk 'selective mining'
bisa dilakukan shg interval sampling bisa lebih rapat.

5.           Strategi AMD harus dilakukan sebelum penambangan dan bukan
setelah ada warna merah (acid mine drainage) muncul di discharge. Dan
juga melibatkan Environment dan Mine Planning.

6.           Untuk analisa static & kinetic yg lengkap dng segala
interpretasinya dan strateginya, saya kira masih sedikit di Indonesia
(Kecuali kalau mau bayar saya he 3x). Tetapi saya pernah dengar ada satu
lab di Balikpapan yg bisa melakukan static dan kinetic test (saja) cuman
saya belum konfirm ttg hal ini.

7.           Maaf nggak lengkap, karena sudah lama saya tidak menyentuh
isu AMD.

Demikian