> Alangkah baiknya bila hal ini bisa ditindak lanjuti,
> katakanlah oleh BP Migas bekerjasama dengan bakorsurtanal,
> sehingga kita memiliki sistem datum nasional yang harus
> dipakai di bumi Indonesia, supaya tidak muncul
> kerancuan2 terus menerus ..........

Paling tidak ada tiga aspek yg dapat dipakai utk "mamaksa" penyeragaman
datum-datum serta sistem proyeksi ini:
- Aspek Ilmiah (Science)
- Aspek ekonomi
- Aspek legal
- Pengawasan
- ?

Aspek Ilmiah (Science).
Saya lebih mengutamakan aspek ilmiah ini didahulukan. Bahwa memang ada
datum serta sistem proyeksi yg sangat pas utk kondisi Indonesia yg
secara geografis sangat khusus. Berada di katulistiwa (membentang
sepersekian dari panjang katulistiwa), merupakan negara kepulauan,
daerahnya memiliki tektonik aktif dll. Ini semestinya dipakai sebagai
dasar pemilihan datum yg akan dipakai. Tentunya kajian ini sudah ada di
Bakosurtanal.

Aspek ekonomi.
Kalau saja penyeragaman ini juga menguntungkan pihak-pihak pengguna
datum ini (Perminyakan, pertambangan, komunikasi dll). Seandainya saja
dapat ditunjukkan bahwa penyeragaman ini menguntungkan (secara ekonomis)
kepada para pengguna, saya yakin penggunpun akan memanfaatkan datum yg
seragam dipakai di Indonesia.

Aspek legal.
Seandainya saja diperlukan tetunya penyeragaman datum ini perlu
diundangkan sebagai landasan hukum. Aspek hukum ini yg nantinya juga
dipakai untuk menentukan batas teritorial Indonesia. Tentunya smua masih
inget klaim-klaim "dispute" teritorial Indonesia dengan negara-negara
tetangga yg terbengkalai. Juga klaim ZEE yg deadlinenya tahun 2008 (?
cmiiw).

Aspek pengawasan
Nah ini tugas tugas pengawasan saya yakin sudah ada lembaganya. Kalau
masing2 lembaga dapat meyakinkan pengguna bahawa penyeragaman ini
memiliki aspek ekonomis, praktis dan ilmiah tentunya pengawasannya akan
lebih mudah, utk perminyakan dapat dilakukan oleh BPMIGAS, juga
departemen pertambangan dll.

?
Kok rasanya ada yg kurang ya ?