Pak Kusuma, kalau di MaInfo bias diinputkan user defined ellipsoid,
sepanjang tahu parameter ellipsoidnya, kayaknya bisa diakali.

-----Original Message-----
From: R.P. Koesoemadinata [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, January 03, 2006 3:01 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] Geodesi di IAGI net - Re: [iagi-net-l]
coordinate system ( was RE: [iagi-net-l] need koordinat tambang
freeport)

Saya pernah dengar dan juga dari segi penalaran bahwa kalau lokasi itu
ditentukan dengan lat/long yang sebenarnya sudut dengan pusat di pusat
bumi
terhadap bidang equator (untuk lattitude) dan terhadap bidang meridian
yang
melalui Greenich, maka projeksi atau datum ellipsoid apapun yang
digunakan
posisinya akan tetap sama (asalkan ditentukannya sudah benar), lain
kalau
digunakan koordinat dalam satuan panjang seperti UTM, jika digunakan
projeksi dan datum yang lain maka posisinya akan berbeda pada peta.
Makanya
kalau saya kalau menggunakan MapInfo diusahakan menggunakan lat/long.
Tolong dikomentari/ dikoreksi!
Barangkali ada yang tahu peta topografi sekala 1: 25.000 yang banyak
digunakan dalam pemetaan geologi yang menggunakan Batavia sebagai titik
awal
longitude-nya menggunakan projeksi apa (TM, mercator?) dan datum apa
(Bessel?). Saya mendapat kesulitan (selalu tidak pas, bahkan jauh) kalau
mau
meregister peta itu pada MapInfo. Map Info kelihatannya tidak mengenal
Bessel (atau mungkin ada istilah synoniemnya?
Tolong dikomentari apakah ini benar.
RPK