Mas Shofi kalau berdasarkan laporan sumur-sumur yang dulu blow-out,
mereka menyimpulkan itu kena salt diapir atau shale diapir? Saya
pikir, shale diapir ini cenderung lebih susah solid (karena isinya
sedimen halus bercampur gas dan air). Emang dari sononya sudah enggak
mau solid karena sedimentasinya yang berlangsung dengan cepat, tanpa
airnya sempat keluar dan batuannya mengompak. Salt diapir sendiri
seingat saya bisa solid dan bisa pula seperti fluida (tergantung pada
sesuatu, yang maaf detilnya saya lupa, mungkin rekan lain tahu??).

Untuk lepas pantai barat Afrika, terutama sekitar Guinea Bissau, Mbak
Nila Murti dulu pernah lihat penampang seismiknya. Premier Oil juga
pernah mengebor di sana dan kalau saya tidak salah ingat waktu itu
kena salt diapir. Saya pikir tidak adalah ruginya Mas Shofi ngobrol
dengan Mbak Nila Murti (mudah-mudahan dia masih ingat daerah sana
karena waktu itu proyek MScnya th 2002). Moroko dan Guinnes Bissau
dekat kan? Yah kalau dibandingkan dengan Moroko-Indonesia masih lebih
dekat dengan Guine Bissau lah :D

Minarwan
Minarwan
Skype me: minarwan