To: <[EMAIL PROTECTED]>
Cc: <iagi-net@iagi.or.id>
Sent: Friday, January 20, 2006 9:56 PM
Subject: [iagi-net-l] Arti perkataan "bule"?

Mas Yanto,

Terima kasih untuk email anda tentang singkatan kata "AMC". Bukan maksud saya untuk mengada-ada soal kecil ini. Hanyalah karena saya ini adalah salah satu pengagum ahli bahasa Indonesia Mas Moeljono Purbohadiwidjojo (saya pernah bekerja dengan dia di waduk Sempor, Jawa Tengah), maka saya selalu ingin tahu bahasa Indonesia-nya suatu istilah asing. Apalagi hidup di luar negeri, jarang saya berkomunikasi lisan dengan teman-teman dari Indonesia.

Saya ikuti diskusi di IAGI-NET dan sering merasa bingung karena campur aduk bahasa asing dengan Indonesia. Ada rekan yang menyebutkan: " teman-teman bule saya ...."

Kalau tidak salah, perkataan "bule" yalah kata (istilah) Jawa untuk kerbau yang albino, kulitnya putih, karena kelainan genetika. Apakah kata "bule" digunakan sebagai kata "ejekan" atau merendahkan orang yang berkulit putih? Wah, kalau demikian, maka saya ini berkerja dengan kerbau?

Dalam bahasa Inggris juga ada kata-kata ejekan seperti "dago" (untuk orang Italia), "nigger" untuk orang hitam (Negro) di A.S., suatu kata yang kalau digunakan oleh seseorang, bisa membuat orang tadi dituntut!

Ada komentar dari rekan-rekan geologiawan?

salam,

Jojok ("Yo") Sumartojo
Marietta, Georgia, A.S.

Komisi SDM/Pendidikan : Edy Sunardi(sunardi[at]melsa.net.id)
Komisi Karst : Hanang Samodra(hanang[at]grdc.dpe.go.id)
Komisi Sertifikasi : M. Suryowibowo(soeryo[at]bp.com)
Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin(ridwan[at]bppt.go.id atau [EMAIL PROTECTED]), Arif Zardi Dahlius(zardi[at]bdg.centrin.net.id)
Komisi Database Geologi : Aria A. Mulhadiono(anugraha[at]centrin.net.id)