Vicky, dkk, supaya tidak terjadi "gap" (selang) dalam penerimaan materi yang berkaitan dengan "petroleum geology" di ITM AAPGSC, saya ingin berikan sedikit info kepada sampeyan bahwa terakhir kali saya berikan kuliah lapangan disana (26-28 Desember 2005) saya bawa mereka ke daerah Gunung Tua, Padang Sidempuan untuk belajar langsung stratigrafi dan sedimentologi yang berkaitan dengan migas di Cekungan Mandian (Bagian dari Cekungan Sumatra Tengah). Kurang lebih 25 orang yang mengikuti kuliah lapangan, termasuk 2 dosen pembimbing, yaitu Pak Rasyid dan Bu Lismawaty. Perjalanan 9-10 jam dari Medan ke Gunung Tua cukup melelahkan. Tapi itu semua sebanding dengan geologi, morfologi, dan pengalaman yang kita dapatkan di daerah Gunung Tua tersebut. Saat itu saya dibantu oleh Johnson A Padju dari BPC (Bachtiar Petro Consulting) yg sekaligus juga menyeponsori perjalanan saya kesana. Morfologi hogback dari sedimen-sedimen Barisan Front-Range sangat indah ditinjau dari salah satu puncak bukitnya di Formasi Telisa yang terdiri dari endapan-endapan marin khas dengan abundance fossilnya, silang siur hummock dan low-angle parallel lamination-nya. Konsep cycles, sequences, dan assosiasinya: flooding surfaces, sequence boundaries dsb, dengan mudah kita bisa terangkan di lapangan karena outcrop-2nya superb semua. Apalagi ketika kita memasuki daerah singkapan Formasi Sihapas, yang kebanyakan terdiri dari Batupasir Kwarsa konglomeratan, silang siur, saling menggerus, diseling dengan beberapa paleosol dan carbonaceous/coally layers.... kita dengan mudah menceritakan tentang konsep reservoir, heterogenitas-nya, permeability, porosity, dsb. Kuliah lapangan full sehari tersebut mudah2an bisa kalian singgung untuk mengingatkan mereka (ada foto-fotonya) jika anda-anda menerangkan tentang hal2 lain dalam petroleum geology (seismic interpretation, geochemistry, reservoir characterization, formation evaluation, dsb). Jangan lupa: usahakan memakai genuine indigineous samples (log dan seismic dari paper2 kawan2 Caltex akan lebih kena dari pada kalian bawakan yang aneh2 dari tempat lain).

Salam,

ADB
Exploration Think Tank Indonesia

From: "Rovicky Dwi Putrohari" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <iagi-net@iagi.or.id>
Sent: Thursday, February 23, 2006 1:37 PM
Subject: Re: [iagi-net-l] Kerja sama AAPG dan IAGI

Nah akhirnya saya dapet tambahan satu lagi geophysicist Dyah Tribuwana.
Adakah rekan geologist yg tertarik utk bergabung bersama jalan-jalan ke Medan ?
Nanti bisa saja ketemuan disana dan kita bicarakan bersama utk mengisinya.

Saat ini yg terpikirkan untuk memberikan kursus singkat selama 2 hari
Sabtu Minggu (tanggal belum ditentukan). Bagi rekan-rekan geologist
dari jakarta atau manapun yg ingin bergabung just let us know. Kalau
ada engineer boleh juga, sehingga lengkap isinya.

Silahkan kalau mau membawa bendera atau agenda pribadi. Kalau ternyata
jadwalnya pas mungkin kita bisa bersinergi, kan ?

Cheers.

RDP