To: <iagi-net@iagi.or.id>
Sent: Tuesday, February 28, 2006 9:14 AM
Subject: Re: [iagi-net-l] Batuan di Uluwatu?? (Pak Awang)

Pak Awang dan Pak Zaim,

Dari peta Geologi Bali (Purbo-Hadiwidjojo, 1971) serta Kadar (1977),
batugamping di Uluwatu itu sekitar Pliocene-Pleistocene dan merupakan
batuan tertua yang tersingkap di Bali dan disebut sebagai Formasi
Selatan dan Sorga.
Formasi Ulakan yang saya sebut tersebut relatif diatas batugamping.

Nah kalau Pak Awang "nyampel" batuan breksi volkanik itu tepat dibawah
batugamping Uluwatu...berarti ada singkapan breksi volkanik yang relatif
lebih tua.
Alternatif lain...bisa juga batugamping Uluwatu serta breksi volkanik
Pak Awang hanya "menyilang jari" mengingat Formasi Ulakan seringkali
dijumpai dalam bentuk "pillow lava".

Mungkin itu informasi yang dapat saya berikan untuk diskusi ini.

Salam,
Eddy Sucipta

Note:
Pak Awang...bisa dong dibagi lokasi tepatnya breksi volkanik tersebut!

Awang Satyana さんは書きました:
 Yang di amfiteater GWK saya tak tahu pasti umurnya, mesti cek peta
geologi dulu atau diperiksa umurnya. Memang yang di GWK lebih chalky
seperti di Padalarang.

 Hanya yang di Uluwatu gamping yang kelihatannya sama dengan GWK
menindih breksi volkanik yang memang  masih jalur Old Andesite Jawa.
Saya pernah melihat model singkapan seperti ini sejak dari Jampang di
Sukabumi (gamping Bojonglopang di atas breksi volkanik Jampang), di Peg.
Kidul (Wonosari di atas group Kebo Butak-Nglanggran) dan di Uluwatu ini.
Baik Bojonglopang maupun Wonosari sekitar Miosen Tengah-Akhir.

 Dalam pikiran saya saat itu, baik GWK dan Uluwatu masih sejajar ke
jalur selatan karbonat Pegunungan Selatan Jawa dan bahwa jalur Old
Andesite masih menerus ke Nusa Tenggara, maka mungkin GWK limestone itu
Miosen Tengah juga. Hanya tentu cek umur yang akan menentukannya, atau
kalau skalanya cukup bisa dicek di peta geologi P3G ?

 Kalau yang diteliti Mbak Wati di Tuban (Tanjung Kodok ?) itu kan
model2 karbonat muda yang memang umumnya ada di utara Jawa dan bukan di
selatan Jawa. Kelihatannya GWK jauh ke selatan dari jalur Paciran
limestone ini. Atau, saya terlalu terpengaruh paper yang baru saya tulis
(Satyana, 2005, Oligo-Miocene carbonates of Java, Indonesia :
Tectonic-Volcanic Setting and Petroleum Implications - IPA) ?

 Silakan dikoreksi oleh rekan2 yang punya data umur karbonat GWK. Yang
jelas, pemandangan amfiteater gamping di GWK sangat spektakular, di
puncak bukit yang anginnya sejuk. Boleh juga sekali2 mengadakan
field-trip karbonat ke sana.

 salam,
 awang

----
I Gusti Bagus Eddy Sucipta  [EMAIL PROTECTED]

Komisi SDM/Pendidikan : Edy Sunardi(sunardi[at]melsa.net.id)
Komisi Karst : Hanang Samodra(hanang[at]grdc.dpe.go.id)
Komisi Sertifikasi : M. Suryowibowo(soeryo[at]bp.com)
Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin(ridwan[at]bppt.go.id atau [EMAIL PROTECTED]), Arif Zardi Dahlius(zardi[at]bdg.centrin.net.id)
Komisi Database Geologi : Aria A. Mulhadiono(anugraha[at]centrin.net.id)