wacana yg sedang dipertimbangkan saat ini. jurnal adalah publikasi yg
tingkatannya lebih tinggi dibandingkan dg proceedings. mungkin alasannya
adalah karena jurnal (ilmiah) terbit secara rutin, sementara proceedings
tergantung pelaksanaan 'pertemuan ilmiah' (seminar, konggres, diskusi panel,
dsb).

lebih lanjut, proceedings tidak harus memuat suatu artikel ilmiah sbg
'full-paper', dg model 'extended-abstract' juga sudah mencukupi (bahkan
sebagian berpendapat cukuplah 'abstract'). sebaliknya, artikel atau makalah
yg dikirimkan ke sebuah jurnal (misalnya MGI) haruslah berupa 'full paper'.

dg dasar pemikiran di atas, pada pelaksanaan pit iagi mendatang dan
seterusnya, utk mempersiapkan proocedings yg akan dicetak, para penulis
boleh mengirimkan 'hanya' 'extended-abstract' semata. makalah2 yg menarik,
direncanakan akan diundang utk dikirimkan berupa 'full paper' dan dimuat di
MGI. ini salah satu cara juga agar MGI bisa terbit dg frekuensi lebih
banyak.

ada pun 'reviewer', akan diusahakan terbentuknya tim2 pakar yg akan
memeriksa makalah2 pada bidang masing2, baik makalah2 utk pit iagi, jurnal
(MGI), maupun hal2 yg berkaitan di lingkungan iagi.

semoga bermanfaat.

salam,
syaiful
*pp-iagi

On 4/24/06, Minarwan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pak Awang,
>
> Terima kasih untuk informasinya, tadi saya cuma penasaran saja mengapa
> sebuah jurnal kok ditambah kata "majalah". Tapi apa artinya sebuah
> nama yang penting statusnya tetap jurnal.
>
> Omong-omong, kapan MGI akan terbit lagi Pak?
>
> Salam
> Min

> benda yang sama tetapi berbeda umur. "Geologi Indonesia" adalah
> jurnal/majalah resmi IAGI yang terbit pertama kali tahun 1960. Tahun 1975
> diurus izin cetaknya ke Laksus Kopkamtibda Jabar. Tahun 1978 diurus izin
> [...]

Kirim email ke