Abah mah bisa aja, Abah ma encan kolot, istilah basa inggrisnya
'mature'...

Oh iya, kalau ada yang tertarik ke arah Derawan, silakan buka websitenya
di http://www.derawan.com/.  Bukan hanya diving tapi juga snorkelling kok,
alhamdulillah kondisi karangnya masih bagus (walaupun ada beberapa tempat
yang kena bom penangkap ikan, tapi sekarang sudah tidak diperbolehkan
lagi).

Lumayan nih, buat fieldtrip, geotourism.  Banyak sebenarnya tur2 yang bisa
dibuat geoturism, misalnya gua2 di Jawa Tengah itu.  Cuma saya belum tahu,
kenapa ya ada fenomena stingless jellyfish itu?  Dan kenapa hanya di 2
tempat di dunia yang ada stingless jellyfish itu ya?

Ngomong2 (bukan promosi diving lho) lumayan juga kalau di bawah laut, kita
bisa lihat morfologi recent selain lihat2 ikan.  Seperti pulau2 yang
terpisah oleh channel, seperti apa morfologi pulau2 kecilnya, batuannya
apa saja (saya malah punya foto breksi lahar waktu nyelem di Lembeh
Strait, pas lagi di surface), sampai seberapa dalam coral bisa tumbuh,
kemudian dalam perjalanan juga bisa kira2 besar sungai Berau itu berapa
(jadi bisa dikira2 kalau di seismik itu besarnya cuma sewiggle dua
wiggle).  Kalau mau belajar diving sama saya saja, saya instruktur
bersertifikat PADI lho (ini baru promosi, hehehe).

Selamat berakhir pekan,

Parvita H. Siregar
Geologist-ENI Indonesia
Atrium Mulia 3A floor