arief setahu gw, mud cake tak terbentuk di shale itu old fashion mud
properties. Dengan keluaran mud properties yg terbaru berupa solvent,
lubricant maupun addative lainnya, mud cake bisa terbentuk di
shale..penambahan LCM ataupun baryte pada mud untuk keperluan well
mentained sering membentuk mc di semua wellbore tak penting permeable
ataupun impermeable, pernah lihat tak hasil logging menunjukkan mc di
sepanjang wellbore?.

Balik ke soal balloning effect, kalau juga faktor plastisitas sumur
menjadi hal utama,  kebanyakan pengalaman yg saya temui di tunu
field..balloning effect sering muncul setelah  stop drilling karena hi
pressure (hi gas), increase MW..dan tak ada hubungan sama sekali
dengan deep well, maupun hi MW well. Betul informasi amir tak pernah
jumpa balloning effect  di MW <1.5sg, tapi tak selalu jumpa juga
balloning efect  di setiap hi MW well tanpa gas yg tinggi.Kayaknya
hanya soal discharge and charge saja.