Batuan metasedimen berumur Devon ditemukan di Irian bagian timur.

Thanks. Iman

-----Original Message-----
From: Awang Satyana [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Saturday, May 20, 2006 11:35 PM
To: iagi-net@iagi.or.id; [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [iagi-net-l] Updated : Geokronologi Kerak Kontinen dan
Periodisasi Umur Bumi

Pak Udin,

  Di Indonesia, batuan tertua ditemukan di Papua, tepatnya di Kepala Burung
pada suatu tinggian terkenal di wilayah ini : Tinggian Kemum (sebelah
timur-tenggara kota Sorong). Pieters et al. (1983 : The stratigraphy of western
Irian Jaya - GRDC Bull. no. 8, p. 14-48) ) melaporkan adanya kerakal granit
pada endapan metakonglomerat Formasi Kemum (Silur-Devon). Ketika ditera
umurnya, kerakal granit ini berumur 1250 juta tahun (pra-Kambrium -
Meso-Proterozoic : Ectasian). Formasi Kemum di tempat itu berupa runtuhan
endapan turbidit (diduga sebagai endapan lereng benua Australia Craton, maka
itu adalah granit asal Gondwanaland).

  Penentuan umur radiometri di Indonesia dilakukan pada batuan magmatik dan
metamorfik, dan P3G (GRDC) punya program khusus untuk peneraan umur absolut
ini. (Wikarno et al., 1993; Sukamto, 2000). Radiometric dating paling kompleks
di Indonesia ada di Kepala Burung. Di sini menumpuk jadi satu jalur2 plutonit
berbagai umur dari Tersier, Mesozoik, dan Paleozoik. Tentu, tak mudah
menafsirkan petrotectonic setting-nya.

  Di Indonesia Barat, batuan paling tua ditemukan pada jalur plutonit
pra-Kambrium yang tersingkap di Pulau Anambas, Natuna, berumur 865 juta tahun
(Neo-Proterozoic :  batas Tonian-Cryogenian). Batuan-batuan tua lainnya adalah
genes Ordovisium berumur 500 juta tahun di Jalur Barisan, Sumatra dan batuan
berumur Silur (418 juta tahun) di mikro-kontinen Banggai.

  Nah, itulah para pemegang sebutan batuan-batuan tertua di Indonesia. Mencari
batuan paling tua, tentu kita harus pergi ke tengah perisai benua. Di
Indonesia, saya pikir ia terpendam di bawah perairan Sahul. Di sini pulalah
target eksplorasi hidrokarbon Kambrium akan segera dimulai !

  salam,
  awang

  Salahuddin Husein <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Pak Awang, bagaimana dengan Indonesia? Dimana letak batuan tertua dan
berapa umurnya?

udin,-

Awang Harun Satyana wrote:
> Berapa umur Bumi yang resmi diterima ? Ternyata tak terlalu jauh bergeser
> sejak Claire Peterson menemukan metode dating absolut menggunakan isotop
> tahun 1956 dan menemukan umur 4.55 Gigayears (milyar tahun). Skala Waktu
> Geologi terbaru (Gradstein et al., 2004) mencantumkan 4.56 Ga (gigayears ago)
> sebagai saat Bumi terbentuk. Perlu diketahui, buku besar dan tebal ini telah
> memuat ratusan referensi pendukung, sehingga semua kemajuan terakhir telah
> diakomodasinya. Buku Skinner et al. (2004) "Dynamic Earth" (edisi ke-5) -
> [...]

Sneak preview the  all-new Yahoo.com. It's not radically different. Just
radically better.