Saya kira pernyataan Pak Koesoema sangat tepat.

BS
----- Original Message ----- From: "R.P. Koesoemadinata" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <iagi-net@iagi.or.id>
Sent: Friday, June 02, 2006 11:04 AM
Subject: Re: [iagi-net-l] JAWABAN/PEDOMAN PRAKTIS-ILMIAH TENTANG GEMPA YOGJA - JATENG 27 MEI 2006

Kalau masalahnya masalah sosial politik dapat diselesaikan dengan consensus dalam suatu rapat atau seminar. Kita berhadapan dengan masalah sains, segala pendapat mengenai terjadinya gejala alam harus dibuktikan dengan pengamatan yang cermat, dengan suatu metoda penelitian yang seksama. Masyarakat harus dijelaskan bahwa penyebab gempa serta hubungan dengan gunung api memerlukan penelitian. Beri contoh gempa di pantai barat Amerika Serikat, disana telah dilakukan research mengenai San Andreas fault yang menyangkut ratusan bahkan ribuan peneliti, sudah lebih dari 50 tahun, dengan biaya mungkin secara akumulatif lebih dari milyaran dollar tetapi toh tidak dapat meramalkan kapan gempa bisa terjadi. Yang bisa dilakukan adalah bagaimana mengantisipasi gempat, dengan structur bangunan tahan gempa. Jadi kita harus tetap memegang kaidah sains, jangan terprovokasi oleh mass-media yang selalu minta jawaban pasti, kalau kita tidak bisa memberikan jawaban dianggap tidak becus. Berilah mereka penerangan bahwa berbagai pendapat itu harus diteliti dulu dan bahwa adanya berbagai pendapat itu wajar sebagai hipotesa saja yang perlu dibuktikan secara saintifik.
Wassalam
----- Original Message ----- From: "Andang Bachtiar" <[EMAIL PROTECTED]>