From: [EMAIL PROTECTED] [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, June 07, 2006 8:41 AM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] PERMADI :"Jakarta akan akan dihantam bencana
besar"

Pak RDP,

Kalo pak Danny telah mengatakan bahwa lokasi gempa bukan dilokasi yang
diperkirakan maka dia telah menganulir lokasinya. Tetapi apakah data2
yang didapat dari penelitian (S3-nya)Danny itu dapat diabaikan begitu
saja?

Danny adalah hanya sedikit dari orang yang meneliti gempa2 Aktif (neo
tectonic) di dunia. Beberapa peneliti dengan latar belakang structural
geologsit, ataupun background lainnya, telah mengabdikan diri dalam
bidang ini. Pollrad & Bullock di awal tahun 70 an meneliti gempa2 aktif
di daerah Israel dan tleh menghasilkan sebuah paper yang menjadi salah
satu acuan dalam memprediksi
gempa2 aktif. Mereka mengatakan bahwa gempa bergerak dalam bentuk
En-echelon fault  shear meovement dan menganalisa gempa2 tersebut dengan
metoda shear stress-strain analysis. Teori ini juga yg dipakai oleh
dosennya Danny, Prof Kerry Tshe, dalam meneliti gempa2 di San Andreas
fault di daerah California.
Prof Tshe, setelah mendapatkan gelar S3nya, dalam papernya di
pertengahan tahun 80 an "memprediksi" gempa besar di California dia wal
90an (trahun 92??).
Saya sendiri lupa apakah lokasi terjadi gempa tersebut memang sesuai
dengan yang dipredisk oleh Pfor Tshe tersebut, tapi dia memang
meprediksi gempa tersebut akan terjadi.

Danny melakukan penelitian S3 nya dengan menganalisa coral dalam
menentukan pergerakan Sumatra fault. Dan dia mendapatkan data yang
dianggap cukup akurat, untuk menyimpulkan gempa dan tsunami di yang
melanda Aceh dan dia coba memprediksi
gempa2 besar yg akan datang. Tapi salah tempat, tapi dilokasi yg
berdekatan, apakah itu bisa dianggap terlalu menyimpang?

Banyak hal dalam geology yang bisa dianggap meramal, termasuk mencari
minyak dan mineral deposit. Tetapi data2 yang didapat adalah data real
dan geologist dapat mengambil kesimpulan/prediksi dengan berbagai
analisa yang didapatnya.
Juga ini terjadi dengan gempa di Yogya, dimana data2 yang adala adalah
real tapi analisa dari data(=gempa) tersebut dapat memberikan kesimpulan
yang dihasilkan bisa berbeda2.

Tentu akan menarik jika kita mengajak Danny untuk  berdiskusi dan
menunjukkan data2 yang dia dapat dari prediksinya terhadap gempa besar
yg akan datang. Pasti aan da kesimpulan yang diambil selain

Tak banyak orang yang mengabdikan dirinya dalam pure science=geology,
tapi
hasil2 penelitian/pretiksi mereka mudah2an bisa merguna untuk masyarakat
yang lebih luas.

Wassalam,
Ydui Jurnalis

=======
Coba klik disini :
http://jkt1.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2004/bulan/12/tgl/2
8/time/112255/idnews/263332/idkanal/10

"Gempa Aceh bukan Gempa Besar yang diramalkan"

*Gempa Aceh Bukan Gempa Besar yang Diramalkan* Suwarjono - detikcom
*Jakarta* - Gempa besar di Aceh yang terjadi ini di betul-betul di luar
prediksi. Para pakar gempa sebetulnya sudah memprediksikan di perairan
Sumatera, terutama di sekitar Kepulauan Mentawai dan Siberut dalam kurun
0-50 tahun ke depan akan terjadi gempa besar, sekitar 9 Skala Richter.
Gempa yang terjadi kali ini berada di luar area yang diprediksikan.
"Gempa Aceh yang terjadi ini, dari rekaman sejarah geologinya kurang ada
data. Para ahli sebetulnya sudah memberikan perhatian besar justru di
sekitar Mentawai dan Siberut karena sejarah gempa besarnya yang terjadi
dalam siklus 200-300 tahunan. Jadi gempa di Aceh kali ini, bukan gempa
yang diramalkan sebelumnya," tutur Dr Danny H Natawidjaja, ahli gempa
dari Puslitbang Geoteknologi LIPI Bandung kepada *detikcom* Selasa
(28/12/2004). Dalam satu kegiatan diskusi Geologi Selat Sunda setahun
yang lalu di Bandung, Danny menuturkan dari catatan geologi, siklus
seismik gempa berskala 9,0 Skala Richter di sekitar zona subduksi di
barat Sumatra, sudah berada pada ujung siklus 200 tahunan-nya. Gempa
besar tercatat pernah terjadi di Mentawai pada tahun 1381, tahun 1608,
dan yang terakhir tahun 1833. Dari siklus itu, diprediksikan bahwa ujung
siklus seismik tersebut sudah dekat meski tetap saja sulit mengetahui
persis kapan gempa berkekuatan 9,0 Skala Richter itu akan bisa terjadi.
Kejadian gempa disertai tsunami besar kali ini, menurutnya ternyata
terjadi di luar area yang diperkirakan itu.
Berarti prediksi bahwa dalam kurun waktu hingga 50 tahun ke depan,
potensi gempa-gempa berskala besar masih akan bisa terjadi di sekitar
Mentawai dan Siberut. Bahkan segmen pergerakan gempa di dasar Samudra
Hindia kali ini, menurut Danny bisa saja memicu ketegangan di
sebelah-menyebelahnya. "Kalau akumulasi ketegangan dan energi di
pinggir-pinggir lempeng tektonik atau zone subduksi itu tidak
tertahankan, bisa terjadi gempa-gempa lain," tuturnya. Kembali ke soal
gempa Aceh itu, untuk keamanan masyarakat maka dalam periode satu bulan
ke depan masih harus diwaspadai gempa-gempa susulan dan dampaknya.
"Kalau gempa utamanya saja berskala 9 Skala Richter, potensi gempa
susulan hingga maksimal 1 skala di bawahnya bisa saja terjadi. Gempa
berskala 8 SR itu juga tergolong besar dan dampaknya juga bisa dahsyat,"
katanya. Karena itu, masyarakat sendiri menurutnya memang dituntut untuk
selalu waspada dan mempersiapkan diri karena potensi gempa memang
mengancam.

RDP

On 6/3/06, Kristiawan Candra <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Dear profesional iagi,
>
>   Saya iseng2 cari di google tentang Bpk. Danny yang disebut2 di milis

> iagi
akhir2 ini. Ternyata saya ketemu link di:
>   http://www.lipi.go.id/www.cgi?berita&1136304373&5&2006&;;
>
>   Kalo saya baca dari website tsb... dan kalo tanggal di tulisan
tersebut bener...
Berarti Bapak Danny ini juga sudah punya "insting" ilmiah akan gempa di
Jawa (Jogja) dari tahun lalu... yang terbukti terjadi di Jogja sekarang.

>   Nah... kalo benar yang dikatakan Bpk. Jurnalis kalo Bpk Danny ini
> yang
"nge-backup" pernyataan si Paranormal Permadi... Maka bisa jadi akan ada
bencana di JKT. Tapi tentunya harus ditelaah secara ilmiah dulu. Meski
saya juga sebetulnya selalu bersikap skeptik dengan "peramal".

> [...]
>
>   KrisCan
>
> Rovicky Dwi Putrohari <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>   Mungkin mas Yudi bisa memberikan penjelasan apa yg dimaksud "betul"?
> "Betul" bahwa Permadi menyatakan itu ? atau "betul" bahwa ramalannya
> akan terjadi ?
>
> Seingatku Danny pernah mengkoreksi bahwa gempa Aceh itu bukan yg
> diperkirakan Danny ditahun 2003. Segmen yg diperkirakan saat ini masih

> diselidikai apakah terpengaruh oleh getaran Gempa Aceh yang 9.2 itu.
>
> Kalau boleh tahu apa yg dinyatakan Danny pada waktu itu, apakah benar
> Danny meramalkan gempa akhir 2004/awal 2005 ?

Atas nama: Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Bank BCA KCP. Manara
Mulia No. Rekening: 255-1088580