From: Maryanto (Maryant) [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, May 19, 2006 6:31 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: RE: [iagi-net-l] Arah Debu Merapi: angin di yogya

Wah mantab ulasan Mas Wahyu Budi. Makasih. Itu info bagus, karena amat
sedikit saya ketahui. Dan kini Mas Wahyu, dan semua orang, sudah bisa
"nyuruh" arah dan jarak jatuhnya debu Merapi (setidaknya relatif)
terhadap tanggal di sepanjang tahun.

Menariknya, walau 23 Juli adalah pas matahari di paling utara
lintangnya, ternyata gaya terbesar angin malah Oktober (ke baratdaya),
pada 4 bulan berikutnya (Oktober). Ini atau sebulan setelah matahari di
katulistiwa (23 Sept).

Ngomong-ngomong, masih ikuti siklus muson ini mirip dengan selama 40 th
ini ? Di jawa ada 12 masa "Mongso", yakni Mongso 1 hingga 12, di mana
mongso ke-3, terkenal dengan Mongso Ketigo. Ini di Maret, awal musim
kering di Jawa itu. Nah, banyak yang relatif merubah pola angin muson
itu, misal el nino, juga la nina. Gimana Mas Wahyu "perintah ke"
angin-angin di Jawa ini ?

Peristiwa gerhana bulan dan matahari, telah di hitung hingga 1000 th
kedepan, dengan deviasi hanya dalam ukuran menitan, apalagi kalau hanya
soal terbit dan terbenam. Astronom ini, membuat banyak manusia (atau
semua) bisa "nyuruh" matahari dan bulan dengan akurasi yang amat kecil
itu.

Debu Merapi bisa merepotkan pernafasan sekarang.. Angin tak dari utara
ke selatan. Maka selatan Merapi lebih aman dari "batuk". Sementara ini,
ke-aktif-an Merapi mereda pada "minggu low tide" ini.

Oh angin...
ada kabar di sana .... ?
beri tahu maunya alam ya ....

Salam,