Ada banyak laporan mengenai perubahan muka airtanah sebelum dan sesudah gempa..

  - Gempa California (Oct-1989, Jun-1992, Nov-1993, Jan-1994, 1995) : fluktuasi
muka airtanah hingga 3.2 m.
  - Gempa di Taiwan 1999 (Chelungpu Fault) : fluktuasi muka airtanah
berkurang/bertambah 1 - 11.1 m
  - Gempa di Kobe, Jepang (Iwajima Island) 1995 : fluktuasi muka airtanah 1- 8
meter, banyak sumur pantau yang menjadi kering.

  Fenomena ini memang menarik untuk diamati ;
  Di daerah Teluk Tokyo, disetiap komplek perumahan dipasang satu sumur pantau,
sumur ini dilengkapi sensor..apabila terjadi fluktuasi muka airtanah yang
`tidak normal` akan membunyikan alarm peringatan untuk segera evakuasi. karena
adanya kemungkinan Tsunami datang.

  Pengamatan data muka airtanah di sumur pantau tepi laut daerah Kamal
Muara-Indonesia juga menunjukkan pola fluktuasi muka airtanah yang seirama
dengan pola gelombang air laut (tidal wave).

  Kalau boleh tahu .. berapa kedalaman rata-rata muka airtanah di daerah bapak
sebelum gempa?

  Salam,
  Fajar (1841)
  Every nature outcroop..was some clue...

Pak Yogi sudah menulis:

begini ceritanya, malam sebelum kejadian gempa besar di jogja, di rumah
tetangga saya...tepatnya di halamannya, keluar mata air secara tiba2 (bukan
pipa pam bocor loh), kalo kejadiannya setelah gempa mungkin ga terlalu
aneh, karena beberapa menit setelah gempa, di lantai rumah saya yg retak,
keluar mata air (bercampur lumpur) selama 20 menit, kebetulan komplek
perumahan saya di daerah baturetno, hanya beberapa kilometer dari sesar
opak, mungkin ga mata air tersebut merupakan salah satu tanda?

Regards,

YOGI PRIYADI
Jr. Geologist
Handil - Tambora Asset