Bpk Sanggam, ok nuhun atas infonya..

BS
----- Original Message ----- From: "sanggam hutabarat" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <iagi-net@iagi.or.id>
Sent: Thursday, June 22, 2006 10:53 AM
Subject: Re: [iagi-net-l] ADB di Metro TV jam 6--->diskusi lebih lanjut

Pak Mino
data electrical images Kujung bisanya memperlihatkan SHmax berarah NE-SW dan SHmin NW-SE (arah breakout) dan memang tampaknya dominan regim compresi/thrust. Kujung sendiri umumnya dapat dikategorikan Fractured Reservoir Type 2 (kombinasi vugular dan fracture). Fracture tektonik yang terbuka umumnya sejajar SHmax. Namun arah2 pada Kujung di beberapa sumur lainnya reservoirnya highly variable (fracture lebih dominan dari vugular dan sebaliknya) misalnya SHmaxnya malah N-S dan fracture dominant W-E..Jadi memang local control, drilling practice dan faktor lainnya memang patut dipertimbangkan..

 sgm
 --

Ben Sapiie <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
 Memang masih banyak yang harus dipertanyakan dan yang harus dipetakan
lagi...tetapi paling tidak sekarang sudah ada penjelasan2 yang bersifat
rinci serta gambaran situasi geolologi dan beberapa diskusi yang menyakut
mekanik. Dari data seismiknya sebenarnya saya malahan masih mempertanyakan
ada atau tidak reefnya??? Fault juga banyak sekali dan beberapa memotong
target Kunjung?? bahkan kemungkinan besar sekali memotong BJP-1. Statusnya
sendiri belum jelas. Jika MW >>FP sangat memungkinkan berakibat pada Fault
Reactivation yang bisa menimbulkan lost circulation yang berkelanjutan
menjadi jalan untuk eruption diluar sumur. Saya akan sangat sulit
membayangkan kalau Kujung Pressure << HP, terutama pada kedalaman 9000ft.

Kalau dilihat dari tectonics mungkin stress regime adalah thrust yaitu
Shmax>Shmin>Sv dimana system stress sangat memungkinkan membentuk breakout
karena penekanan pada lubang bor belum lagi ditambah overpressure dan
pre-exisitng faults. Saya kira faktor2 ini harus kita masukan dalam
equation failure sehingga dapat model yang maximum.

Anyway, next step IAGI team sudah punya banyak bahan untuk ditindak lanjuti
supaya diskusi2 net ini bermanfaat.

Salam,

Ben Sapiie