cukup menarik penjelasan Pak Adnan, seorang praktisi hukum yg
berpengalaman juga dioperasi migas.

--- quote ---
A. Tentang Gempa dan Pembuktian

Ketika saya menyampaikan pendapat yang berbeda dan memang
kontroversial, yaitu pendapatnya Dr Awang Harun Satyana (BP-Migas,
kalau tidak salah), bahwa gempa Yogya sebagai pemicu semburan lumpur
(Likuifaksi), saya tidak mengatakan bahwa saya sependapat. Saya hanya
mengatakan ada pendapat lain yang harus juga didengar sebelum
mengambil kesimpulan. Ternyata pendapat serupa juga disampaikan oleh
Dr. Andang Bachtiar (mantan Ketua IAGI).
== end quote ===

Kang ADB di milist Migas Indonesiapun anda lebih dikenal setuju adanya
faktor gempa penyebab utama mudflow.
selengkapnya silahkan tengok di :

http://hotmudflow.wordpress.com/2006/07/10/re-luapan-lumpur-sumur-banjar-panji-dari-aspek-hukum-replik/

rdp