Yth Pak Agus Hendranto,

Mang Okim senang membaca posting Pak Agus. Apakah UGM memang
tak punya refraktometer ? Mengenai patung Dewi Kwan Im yang diperiksa
Pak Agus, apakah jadeite jade atau nephrite jade ? Kalau jenisnya jadeite
jade tentunya mahal ya.

Untuk Gems-Lovers, dianjurkan ekstra hati-hati kalau ada objek batuan yang
menurut cerita  berasal dari pedalaman Kalimantan. Batu hijau yang dikatakan
sebagai giok dan dikoleksi oleh beberapa  kenalan mang Okim  di Balikpapan
( ada geologistnya juga ) ternyata artifisial alias rekayasa yang dibuat dari heavy
resin atau heavy plastic ( gores saja dengan paku, kesannya pasti sama
dengan kalau menggores piring plastik ).

Di kesempatan lain mang Okim diminta oleh eks Kakanwil Departemen
Pertambangan untuk meriksa kristal kecubung  yang dibeli dari orang Dayak
pedalaman yang datang ke Banjarbaru (cukup mahal). Kristal tersebut
ternyata FLUORITE. Membedakannya ? Ya bentuk kristal dan
kekerasannya ( yang kecubung  7 Mohs sedangkan yang fluorite cuma 4 ).

Karenanya , kita hendaknya hati2 dengan  cerita yang  menjebak.

Salam batumulia, mang Okim

----- Original Message ----- From: "Agus Hendratno" <[EMAIL PROTECTED]>