Urusan Lapindo mau diapakan nantinya silakan pihak
berwenang yang menentukan, tapi paling tidak sebagai
pihak yang secara ilmu (yang berkaitan e.g. geologist)
dianggap cukup maka sudah semestinya dan pada
tempatnya ilmu tersebut digunakan untuk melakukan
pencerahan kepada siapapun termasuk sampeyan para LSM
yang saya yakin sedang giat-giatnya, niat ingsun
berjuang untuk kepentingan rakyat secara
tulus-setulus-tulusnya . . .

Apa yang dikemukakan pak RPK, saya tidak melihat ada
unsur untuk "membebaskan" atau meringankan "dosa" si
Lapindo dan kalaupun ada bahasa yang seolah-olah
"membencana alamkan" kasus ini itu hanya masalah
pemahaman sebagian dari sampeyan yang melihat uraian
dalam tulisan tersebut secara sepotong-potong, karena
ide di belakang tulisan ini saya kira lebih kepada
melakukan penjelasan secara ilmiah terhadap apa yang
sedang terjadi dengan perbandingan apa yang pernah ada
di tempat lain dan bisa jadi akan terjadi lagi (semoga
tidak) di tepat lain di daerah-daerah yang secara
geologis berpotensi terjadi. Say khawatir dengan
tanggapan dari sampeyan yang di 'apa khabar'
jangan-jangan malah lebih karena terburu-buru hingga
'kebat-kliwat' (hal-hal yang baku dan penting malah
kelewat karena terlalu terburu-buru . . lebih buruk
lagi prasangka buruk terhadap orang lain karena
kita/mereka/saya/sampeyan sendiri yang sebenarnya
berharap memperoleh "keuntungan" dari semua itu . .
wallohu alam bishowab . .

Tj

http://mail.yahoo.com