Jawaban soalan diatas saya jawab langsung IYA, MASIH BANYAK !
Pak ADB sudah berbusa-busa mengkapanyekan hal ini lewat presentasi
PotPouri-nya. Walopun belum banyak yg "menangkap" tanda-tanda itu
sudah mulai muncul. Salahsatunya berjibunnya openblok saat ini. Namun
menurut aku, teknik "menjual" blok di Indonesia ini yg harus
diperbaiki. Karena masih buanyak yg belum "laku" :(

Kebijakan secara menyeluruh energi (tidak hanya migas) ?
Government sudah membuat KEN (Kebijakan Energi Nasional. 2005)
masalahnya apakah semua stake holdernya mengerti keberadaannya. Bahwa
pemerintah punya blueprint itu apakah diketahui semua orang yg merasa
berkepintingan termasuk geologist ?

Saya ga tau apakah ESDM pernah membuat presentasinya (kampanye) di IAGI ?
Mungkin bisa dibuat lunch-talk dengan pembicara dari ESDM tentang KEN
dan blueprintnya. Aku hanya mampu mengkapanyekan lewat WebBlog (ntah
ada yg baca atau engga :).

RDP