SW merupakan hasil perhitungan dari beberapa parameter yang kita input mis
: Rw yang tergantung pada salinity dan temperatur.
perhitungan Sw baru bisa kita katakan benar kalau kita yakin bahwa Rw yang
kita pakai benar / sesuai dengan keadaan sebenarnya.
Mungkin coba diplot (kalau ada core) Sw dari perhitungan dan Sw dari core ,
apakah match ? kalau tidak ada kemungkinan parameter
dalam perhitungan SW nya bisa salah.
BVW juga akan salah kalau salah satu parameternya (SW dan Phie ) salah.
kalau lihat contoh penggunaan BVW umumnya di reservoir clean , tebal dan
umumnya tidak ada perbedaan salinity.

Regards

Kartiko SAMODRO

Telp : (0 )147443540

             Shofiyuddin
             <[EMAIL PROTECTED]
             l.com>                                                      A
                                       iagi-net@iagi.or.id
             22/11/2006 07:25                                           cc

                                                                     Objet
             Veuillez répondre         Re: [iagi-net-l] Petrophysics
                     à                 series: Sw, BVW dan Rwa
             <[EMAIL PROTECTED]
                   .id>

Yang saya maksud adalah Bulk Volume Water (BVW) yaitu hasil perkalian
antara
porositas dan water saturation nya (PHIE*Sw) dimana kalo Schlumberger atawa
geolog mendeskripsinya sebagai VOL-UWAT (Volume Water at Uninvaded Zone).
Kalo BVW nya konstan maka secara teori bisa kita katakan disana Sw nya
adalah Swirr. BVI adalah PHIE*Swirr.
Asquith banyak membahas BVW ini cuma ya itu di Karbonat saya belum bisa
membuktikannya secara akurat. Di beberapa bagian saya menemukan BVW lebih
dari 0.04 tapi hasil test menunjukkan free water, yang secara teori salah.

Mungkin istilah Irreducible mungkin mencakup Clay bound dan Capillary bound
water, dimana kalo di CMR adalah luas daerah di bawah T2cutoff. Jadi CBW
mungkin mengacu ke Bound Water? yang kalo di CMR ada di bawah 3ms.

Tentang LQC, caliper bagus pertanda oke, kalibrasi masih ada dalam
toleransi.
Beberapa buku mengatakan bahwa harga m di karbonate sangat bervariatif
sekali, bisa mulai 1.8 sampai lebih dari 3. Cuma masalahnya saya belum
menemukan alasan kenapa 3 dan bukan 5? saya coba pake Picket Plot (PHIE vs
Rt), hasilnya sekitar 1.8 - 2.3. Semakin besar m akan memberikan harga
Sw yang lebih besar. Kalo mau bisa ngrubah harga m hingga mendapatkan harga
Sw 100%, cuma kenapa merubah m dan tidak n? MDT prove kalo disitu memang
water zone dengan gradient 0.41 - 0.43 psi/ft.

thanks Gde untuk share nya.

Shofi