Pak Gantok dan Pak Gde,

Arah struktur NNE-SSW di Jawa Timur tidaklah nyeleneh, ini justru salah
satu arah dominan di samping yang NE-SW dan E-W. Arah NE-SW (suka
disebut arah Meratus) adalah arah paling tua, kemudian yang NNE-SSW, dan
paling terakhir adalah E-W (arah Jawa, banyaknya berupa lipatan dan
sesar naik). Arah E-W dominan di Kendeng Deep yang berzone sejak dari
Serayu Utara selatan Semarang sampai ke Selat Madura.

Memang sebaran gejala semburan lumpur yang diduga mud volcano sekarang
itu, baik yang lama maupun yang ikutan semburan lumpur di sekitar Banjar
Panji di sekitar porong-Madura berarah NNE-SSW, kelihatannya diapir
lumpur berekspulsi ke atas menggunakan zone of weakness yang telah ada,
yaitu yang sifatnya ekstensif NNE-SSW.

Dalam sistem pengaktifan ulang oleh sinistral strike-slip Rembang-Madura
yang berarah E-W, arah2 NNE-SSW ini akan teraktifkan sebagai antithetic
shear dextral slip seperti yang ditulis Pak Gde di bawah (patahan
mendatar). Sedangkan arah2 lebih tua NE-SW teraktifkan ulang sebagai
extension fracture (ini yang menenggelamkan Bawean Trough dan Central
Deep sampai menjadi kitchen yang baik di utara Tuban).

Pada kejadian gempa Yogya Mei lalu, banyak struktur berarah NNE-SSW yang
teraktifkan, dibuktikan oleh pengelompokan episentrum aftershock yang
membentuk pola right-stepping dari episentrum gempa utama - artinya
pengaktifan terjadi ke arah timurlaut via sesar2 sejenis sesar Opak yang
juga NNE-SSW. Sebagai catatan - pengaktifan terjadi sampai ke offshore
utara Pangkah.

Salam,
awang