Pak Leo, bujukin Mbak Yuriza untuk TSA kan project dia ke Rebecca. siapa tahu
bisa ngintip nanti.
saya juga awalnya tidak percaya.  tapi sebelum2 nya saya sudah pake relative AI
untuk qualitative interpretation.
Ingat email saya ttg Peter Vail dan Galloway duduk bersama di satu meja?
nah pada waktu itu relatif AI yang dihasilkan pake software nya perusahaan nya
Pak Leo tapi dikerjakan inhouse sangat membantu.
saya bisa interpretasi banyak interface yang tidak kelihatan di original
seismik, bukan hanya unconformity tapi juga flooding surface di synrift deposit.
kalau caranya group ini menjadikan tingkat kepercayaan nya lebih tinggi.

Mbak Yuriza, sudah banyak software yang bisa pake wavelet yang berbeda secara
vertical dan lateral.
tapi sangat riskan, jangan sampai nanti bikin interface baru karena perbedaan
wavelet.
Saya setuju banget kalau kita harus pake semua info yang ada tersedia.
jadi bisa saling menguatkan dan saling melemahkan.

Ada satu prinsip yang selalu saya pakai kalau interpretasi:  "interpreter yang
baik adalah interpreter yang melakukan se-sedikit mungkin interpretasi, kalau
perlu tidak melakukan interpretasi"
.
.
.
.
.
maksudnya gini.  biarkan data yang yang bicara.  kalau ada yang ragu2 dan
banyak kemungkinan interpretasinya, maka jangan di interpretasi.  kecuali kalau
sudah terpaksa harus milih interpretasi mana yang harus dipakai.  disinilah
peranan data2 lain.   dan inventory model di kepala si interpreter.

Saya selalu mulai interpretasi tidak dari well.
saya interpretasi faultnya dulu dan main reflectors nya, lalu nanti sesudah itu
baru tie well nya.
walaupun nanti harus tambah horizon lagi untuk di interpretasi zone of
interest. paling tidak terpengaruh sama interpretasi well, pada awalnya.

selamat berkarya

fbs