Betul-betul lembaran hitam dan "tidak terpecahkan". Bagaimana kalau ditulis
saja sebuah narasi saintifik tentang The LUSI CODE, seperti karya Dan Brown
menulis "The Da Vinci Code" "Teka-teki LUSI yang tidak mudah terpecahkan", kita
anggap sebuah The LUSI CODE saja.
Seandainya, tapi ini seandainya lho........
Data primer yang berupa log, cutting, core, penampang seismik, geolograph,
daily geological report dan daily drilling report dari sumur BJP-1 (hingga 29
mei.2006) dan juga data-data geologi bawah permukaan di lapangan Wunut dan
Porong, dibuka bersama-sama oleh para geosaintis Indonesia  (yang berkompeten)
demi kepentingan pembelajaran bersama untuk kepastian perlindungan ummat dan
lingkungan dalam penanganan "bencana luapan lusi" (bukan untuk kepentingan
bisnis migas), sehingga "barang" yang menjadi sebab musabab-nya atau "asbabun
nuzull"-nya, lumpur itu keluar "benar-benar" dapat diketahui secara clear.
Sekalipun dalam geologi, perbedaan interpretasi pasti ada walaupun barang-nya
sama. Memang interpretasi geologi itu : "meyakinkan suatu tafsiran kepada pihak
lain, yang diri kita belum tentu yakin 100% (hanya mendekati kebenaran
faktual)".

hanya masalahnya adalah : bahwa data-data geologi eskplorasi bawah permukaan
sifatnya protected oleh regulasi migas oleh pemerintah, sehingga "berbagai
dunia persilatan tentang LUSI" selama ini tidak bisa clear. Kondisi yang
demikian mengakibatkan "lemahnya:" atau "tidak berimbangnya" kontribusi faktual
iptek kebumian (G&G, PE, DE, RE) terhadap keputusan politik dan "bisnis" dari
pihak-pihak terkait yang mempunyai otoritas dalam pengelolaan migas, kontraktor
migas, juga sektor-sektor terkait disekitarnya. "Keramaian dunia persilatan" /
perdebatan teknis inilah yang kemudian mengakibatkan beberapa pihak dengan
"enteng melempar handuk" terhadap kasus penanganan lusi. Jadilah lembaran hitam
dalam sejarah eksplorasi migas dan sejarah penanganan "bencana berbasis
fenomena kebumian " itu. Bagaimana kalau ranah perdebatan baik secara teknis,
lingkungan, politik, dan bisnis tersebut dinarasikan menjadi sebuah The LUSI
CODE.........dan itu akan menjadi monumen bersejarah bagi
 generasi di kemudian hari. Ah..embuh laah...

Yach, sekedar uneg-uneg, nambahi cerita-nya Prof. Koesoemadinata, ADB, dan Pak
Dhe RDP..., dan tokoh-tokoh dunia persilatan ilmu kebumian....

salam tenan....
agushend.