Hal yang sama kuprihatinkan , tak banyak produk dan teknologi DN yang muncul
dan dimanfaatkan dari peluang oil Industry ini..bukan tak mampu tapi
kemungkinan kebijaksanaan dan peraturan yang tak memihak, kita contoh saja
la di total (lagi-lagi total), kelihatan mereka begitu memanfaatkan benar
keberadaan Total di indonesia untuk promosi produk mereka, dari mobil , ac
unit sampai telephone set yang di pakai di lingkungan Total..semua made in
France, dari Plaform Peciko sampai Handil II mungkin tak ada produk dan
kontraktor DN yang terlibat (KSKS=koreksi saya kalau salah). Mungkin itu
yang harus dilakukan Pertamina kalau Go International, sembari carigali
minyak mungkin bisa promosi produk Indonesia.

On 2/1/07, noor syarifuddin <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>Tapi hal ini dibantah Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro. Menurutnya,
>investasi di sektor migas tetap bergeliat. Hal ini terlihat dari jumlah
>investasi yang besar di sektor migas pada 2006 yang mencapai 14,5 miliar
>dolar AS. ''Ini menjadi tolok ukur peraturan perundang-undangan bisa
membuka
>kesempatan kepada investor,'' kata dia usai membuka forum diskusi audit
>migas beberapa waktu lalu

Yang mungkin patut dipertanyakan adalah dari 14.5 M US $ ini berapa yang
sebenarnya dibelanjakan di Indonesia. Untuk kegiatan eksplorasi, kontraktor
seismik dan pengeboran mayoritasnya dari luar (beruntunglah kita punya
Medco....). Sedangkan untuk pengembangan lapangan, kita tahu persis sebagian
besar proses fabrikasi platform dan instalasi permukaan dilakukan di luar
Indonesia (korea, Singapura etc). Ada beberapa komponen yang sudah bisa
difabrikasi di Batam, tapi kelihatannya proporsinya tidak terlalu besar
mungkin ya (cmiiw).

Pertanyaannya, kenapa industri minyak yang sudah 100 tahun lebih kok
kelihatannya gagal untuk menjadi katalis bagi berkembangnya industri
pendukungnya di Indonesia. Partnership memang dilakukan, tpai kelihatannya
partner lokal lebih sering jadi formalitas saja.
Dengan gagalnya proses ini, maka proses efek berganda yang diharapkan
menjadi sangat sulit diharapkan. Kalau ini dibenahi, maka persoalan CR
menjadi tidak terlalu "sensitive" lagi karena bagaimanapun uangnya berputar
di Indonesia juga.

salam,