ikut nimbrung....
Penggunaan GIS, sebetulnya sudah lama digunakan di
dunia migas salah satu aplikasi itu ya Geographix,
Openwork suites , Geoframe, Petrel dll, walaupun
software2 tersebut menitik beratkan pada ke G&G annya
dari pada ke arah Geomatic(ilmu ukur bumi), sofware2
tersebut mempunyai kelebihan menpunyai koordinat x, y
dan Z. untuk awalnya Map Info(Dulu yang ngembangin
ERSIS kl ngak salah, ktrnya ada di BRI Tower BDG, th
97an),Arview,ArcInfo(ESRI), kuat di koordinat x dengan
y.
untuk software GIS(Map Info dan kawan2), kenapa orang
lebih mau menggunakan dalam ilmu ukur bumi krn
1. sofware ini di design untuk hal tersebut(ilmu ukur
bumi) pada awalnya, walaupun perkembangan terakhir
dapat di integrasikan ke mana-mana, termasuk G&G
study.
2. File yang dihasilkan relatif BERUKURAN KECIL,
sehingga dengan kemampuan komputer yang ada, dapat
menampung data spasial maupun non spasial secara
komprehensif dan cukup mampu menampung banyak
(biasanya data angka di gabung dengan software
database : Access, Oracle, maupun sofware lainnya
excell dan objek tentunya)
Beberapa analysis(keekonomian,infrastruktur,pemodelan
geologi,sebagian G&G), kadang2 lebih cepat dan lebih
mudah menggunakan GIS(Map Info dkk), dalam hal lainnya
tentunya lebih memilih menggunakan sofware yang biasa
digunakan (petrel dan kawan2).
Penggunaan aplikasi lain GIS banyak digunakan di
Mobile Tracking, Security system, Managemen system,
Telekomunikasi(basisnya GIS) dan lain-lain.
Saya yakin suatu saat perkembangan arah kedua software
tersebut akan bertemu pada titik yang sama...mungkin
kita bisa menganalogikannya perkembangan PDA ke
PDAphone VS Phone Ke Smartphone(PDA)....

Deni Rahayu
GIS expert (Divisi DataBase ETTI)
ETTI

--- Arie Krisna Prihatin Lopulisa
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mas Oki dan Mas Hendrawan,
>

> Sekedar konfirmasi, Petrel yang next release sudah
> mempunyai kemampuan GIS.
>
> ArcGIS akan terintegrasi dalam Petrel, dan hal ini
> dimungkinkan karena
> Petrel yang next release akan memiliki plugin
> ArcGIS.
>

> Regards,
> Arie K
>
> Geologist (Petrel)

> (sektor migas maksudnya)
> (in more limited
> Geoframe, Petrel dll
> based gis (Open Explorer
> [...]
=== message truncated ===

We won't tell. Get more on shows you hate to love
(and love to hate): Yahoo! TV's Guilty Pleasures list.
http://tv.yahoo.com/collections/265