Saya setuju pendapat mas Rovicky, mungkin karena saya juga termasuk orang
yang nggak tega'an. Namun demikian, saya juga setuju pendapat cak Miyul,
karena yang disampaikan beliau itu dalam konteks bangsa, bukan masyarakat
yang jadi korban bencana. Saya rasa kita ini salah semua, baik yang jadi
pejabat, konglomerat, petani, pedagang, pemuka agama dsb, dsb, pokoknya
semua komponen bangsa deh. Sepertinya di semua bidang/ sektor/ lini, kita
ini berbuat secara membabi-buta menuju kiamatnya sendiri-sendiri. Saya yakin
temen-temen lebih faham tentang firman-firman Tuhan, tapi sekedar penyegaran
saja di hari Jumat ini, sebetulnya Tuhan telah memberikan peringatan melalui
firman-firmannya, seperti contoh berikut :

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat : "Sesungguhnya Aku
hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata : "Mengapa
Engkau hendak menjadikan (khalifah) itu orang yang akan membuat kerusakan
padanya dan menumpahkan darah, padahal senantiasa kami bertasbih dengan
memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman : "Sesungguhnya Aku
mengetahui apa yang tidak kamu ketahui" Q 2(30).

Dan ingatlah olehmu di waktu Tuhan menjadikan kamu pengganti-pengganti (yang
berkuasa) sesudah kaum 'Aad dan memberikan tempat bagimu di bumi, kamu
dirikan istana-istana di tanah-tanahnya yang datar dan kamu pahat
gunung-gunungnya untuk dijadikan rumah, maka ingatlah nikmat-nikmat Allah
dan janganlah kamu merajalela di muka bumi membuat kerusakan. Q 7 (74).
Barangkali bangsa ini harus berani dan mau melakukan revolusi moral,
sehingga kita-kita ini mau disalahkan dan mampu melihat kesalahan kita
sendiri. Wallahu a'lam!

Maaf kalo ada kesalahan maupun ada yang kurang pas.

Wassalam,
Yang lagi ikut menikmati kemacetan jalan akibat demo LUSI.