saya tertarik dengan kalimat bapak shofi : Butuh kecerdasan yang tinggi untuk
menghasilkan karya yang bagus.
tapi apa kecerdasan selalu tercermin pada IP pak?

saya rasa IP itu gabungan antara kecerdasan dan keseriusan (seberapa banyak
waktu yg dipakai untuk belajar,
IP tinggi, bisa jadi sangat cerdas dan cukup rajin, atau kurang cerdas tapi
sangat rajin.
IP rendah, bisa jadi kurang cerdas dan kurang rajin, atau sangat cerdas tapi
samasekali tidak rajin.

selama menjadi asisten dosen, kasus2 yang saya amati sering terjadi adalah sbb:
anak cerdas sering merasa bosan dengan pengajaran yang lambat, atau sering juga
jadi merasa terlalu meremehkan pelajaran, berakhir dengan nilai  rendah, atau
sedang.
anak yang kurang cerdas, merasa diri kurang mampu, jadi berambisi untuk
mengejar teman-temannya, dia rajin mengerjakan tugas, pr, belajar dsb, berakhir
dengan nilai tinggi.

saya sendiri beberapa kali melihat kasus dimana mahasiswa berIP tinggi malah
kurang bisa berkomunikasi, karena jarang bergaul di kampusnya..
mungkin ini kasus2 untuk dari kelompok "kurang cerdas tapi sangat rajin"..

semuanya punya kelebihan dan kekurangan masing2...
yang paling bagus? menurut saya yang bisa berdiri diantara.. punya kecerdasan
lumayan, rajin, dan bisa berkomunikasi (bersosialisasi)

kalau mau filter yang cukup mudah, cepat, dan efisien, mungkinbisa lihat IP per
semester, disamping IPK..
dalam IP semester itu bisa dilihat kemajuan/kemunduran atau anomali IP selama
kuliah, yang mungkin bisa memberi bayangan penyebab nilai IPK.

salam,
Wayan Young

--
Mohammad Syaiful - Explorationist
Mobile: 62-812-9372808

Exploration Think Tank Indonesia (ETTI)
Head Office:
Jl. Tebet Barat Dalam III No.2-B Jakarta 12810 Indonesia
Phone: 62-21-8356276 Fax: 62-21-83784140
Email: [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]