Pak Amien, mas Agus dan mas Rovicky,

Saya jadi heran, kenapa kasus gerakan tanah di Desa Bodag, Kecamatan Kare,
Kabupaten Madiun, tiap hari kok di blow up terus sama sebuah radio swasta
(FM) yang jangkauan siarannya bersifat nasional. Menurut saya gerakan tanah
di sana termasuk jenis *nendatan*, lebar mahkota (crown)-nya sekita 150
meter, dengan panjang lebih dari 200 meter, jadi dimensinya termasuk
kecillah. Memang nendatan tersebut bisa saja meluncur dengan cepat menjadi
sebuah longsoran, tentunya kalo terjadi hujan lebat (dengan curah yang
ekstrim) paling tidak 2 jam ato lebih. Melihat bentuk morfologi pada lokasi
nendatan dan sekitarnya, kalo toh massa tanah tersebut meluncur dan jatuh ke
sungai serta sempat menyumbat/ membendung alur di bawahnya, saya kira air
yang terbendung volumenya tidak akan banyak, sebab daerah tangkapannya
terlalu sempit. Di samping itu, volume massa tanah juga tidak terlalu
besar. Penduduk yang benar-benar terancam oleh gerakan tanah tersebut,
sebetulnya hanya 6 KK atau sekitar 20 jiwa, karena sekelompok rumah ini
berjarak paling dekat dengan mahkota longsor. Sedangkan di atas tanah yang
bergerak tersebut tidak ada bangunan rumah, dimana peruntukannya sebagai
kebun dan sawah tadah hujan.

Saya khawatir, perhatian yang berlebihan pada satu titik kasus gerakan tanah
tersebut, akan membuat tidak terperhatikannya titik-titik rawan longsor lain
di wilayah Kabupaten Madiun, sehingga di Bodag tidak ada korban jiwa, tapi
terjadi longsor di tempat lain yang banyak menimbulkan korban jiwa maupun
kerugian harta benda. Daerah Bodag masuk dalam DAS Catur yang merupakan
bagian dari DAS Bengawan Solo. DAS Catur sendiri meliputi 4 Kecamatan,
yaitu Kecamatan Kare, Kecamatan Dagangan, Kecamatan Wungu dan Kecamatan
Gemarang. Nah... masih sangat luas kan daerah yang harus diwaspadai oleh
Satlak PB Kabupaten Madiun. Kalo kita perluas lagi, maka seluruh lereng G.
Wilis/ G. Liman tingkat kerentanannya juga sama, sehingga masih ada 4
Kabupaten lagi (Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung dan Nganjuk) yang juga
harus mewaspadai lereng gunung tersebut. Tahun kemarin kejadian serupa
terjadi juga di Ponorogo dan Trenggalek, tahun ini juga terjadi di Kediri
dan Nganjuk. Lereng G. Wilis bisa dibilang *wis wayahe* pada longsorlah,
mengingat kondisi geologi, morfologi dan tentunya vegetasinya.

Yang penting, namun cukup sulit adalah menciptakan masyarakat *sadar bencana
*, sehingga apabila terjadi bencana maka dapat ditekan jumlah korban jiwa
maupun kerugian harta bendanya.

Mas Agus, mohon maaf saya tidak dapat hadir di acara sarasehan di Plaosan,
Magetan, dimana sebetulnya saya sangat ingin hadir di acara tersebut karena
tanah kelahiran saya kan Madiun mas. Tapi apa boleh buat?

Mohon maaf kalo kurang ilmiah ato bahkan banyak yang salah.

Wassalam.
Pardan.