Sedikit menambahkan,
Pada prinsipnya anisotropy kan terjadi karena adanya perbedaan pembacaan
Resistivity pada horizontal side dan vertical side.
Hal ini kebanyakan terjadi pada deviated well atau horizontal well.
Kembali kepertanyaan awal, apakah hasil pengukuran resistivity log dari
vertical well akan sama
dengan deviated atau horizontal well pada lapisan sand yg sama?
Menurut saya, hal ini tergantung seberapa tebal lapisan sand tersebut,
apabila ketebalan sand > DoI tentunya akan sama nilai resistivity.
Tetapi apabila Ketebalan sand < DoI, maka nilai resisitivity pada well
vertical akan berbeda dengan deviated well.
Semikin tipis sandnya atau semakin besar deviated suatu well maka
perbedaannya akan semakin besar.
Menurut pengalaman, well yang mempunyai kemiringan diatas 25 deg akan
sangat jelas terlihat perbedaan resistivity ini.Kalau dalam ohmM susah
juga yach, karena tergantung seberapa kontras formasinya.

Betul, kata mas shofiyudin bahwa baker punya tool yang disebut 3Dex yang
dapat mengkoreksi high dip effect, karena tool tersebut bisa melakukan
yang disebut Merlin processing.

Salam
ROMDONI
Operation Geologist