Sekedar mau nanya.
Setelah ada gempa di sekitar 80 km selatan Bantul(26 april jam 10 an WIB), ada
gempa lagi pagi tadi di Aceh.

Apakah patahan2 regional yang ada hubungan nya dengan subduction zone (sebagai
stress-relief) di jawa dan Sumatera bertambah aktif?

Mungkin waktunya untuk lebih mengamati alat2 (apa pun yang sudah terpasang,
sayang EM reader belum terpasang), lebih sering dan detail.  dan diplot untuk
mengamati kalau2 ada peningkatan aktifitas.

Mungkin kalau memang kedua region (jawa dan sumatera) makin aktif, maka MUNGKIN
yang paling harus hati2 adalah dipertemuan kedua nya yaitu daerah krakatau.
apakah ada station2 yang dipasang disana?

Saya juga kuatir dengan seringnya ditemukan peluru dalam jumlah yang banyak di
laut, malahan ada yang ada detonator nya.  alat2 peledak ini mungkin bisa
ter-trigger dengan gempa ini atau tsunami atau gelombang seismic yang menjalar
di bumi.

Mudah2an aman2 saja dan kalaupun ada aktifitas tektonik, kita bisa bersiap2
dengan "mendidik" masyarakat sekitar supaya tidak panik dan memberi petunjuk
cara evakuasi atau hal yang perlu dilakukan jika terjadi gempa atau tsunami
atau longsor dst. (catatan: seingat saya pernah ada kepanikan di daerah anyer
dan carita sehabis gempa Pangandaran(selama tiga hari dan banyak kerugian
material pada waktu itu) , dan mereka semua tidak tahu mau ngapain, daerah2 ini
rawan gempa,mungkin sebaiknya ada team yang melakukan sosialisasi disana,
setahu saya belum pernah ada team dari IAGI atau HAGI yang kesana)

Kalau di California, katanya sosialisasi ttg gempa di sponsori oleh perusahaan2
minyak dan electronic (ingat silicon valley) bekerja sama dengan station TV,
radio dan mass media lainnya.

fbs