Pak Kartiko

Saya mengartikannya secara praktis, dimana metoda aritmetik biasanya
menghitung dengan cara pembobotan dari distribusi property yang dimiliki
dan ini digunakan pada porosity, sw, dan net/gross. Agar tidak terjadi
misleading dalam penghitungan, pastikan ukuran cell kita tidak terlalu
besar tetapi juga tidak terlalu kecil karena akan makan memory computer.
Pengalaman saya adalah sesuaikan dengan heterogenitas keadaan
geologinya. Pada akhir penghitungan, QC hasilnya dengan data core.

Sedangkan metoda harmonic dan geometri sangat sensitiv digunakan pada
lower values property sehingga cocok digunakan pada log normal
distribution, contohnya permeability. Mungkin ada teman-teman lainnya
yang bisa menjelaskan lebih detil.........

Mudah-mudahan bisa membantu.

Best Regards,

Arya Disiyona