From: Rovicky Dwi Putrohari [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, July 24, 2007 11:24 C++
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: [iagi-net-l] Re: NEED NEW TERM APPROACH --> Onshore Kutai Basin:
beyond the structural plays

Pengamatan yg jeli pak air. Tapi ada sdikit tambahan jika itu
dilakukan. Kalau bloknya kecil2 mestinya dibarengi dengan "openfile
policy". Karena tidak mungkin mengambil satu grid saja tanpa
mengevaluasi daerah sekitarnya.
Openfile ini juga bisa merangsang munculnya studi-studi geologi
regional maupun semi regional dalam memberikan input-input model
geologi yang mendukung pematangan prospek atau lapangan yg ada dalam
satu grid kecil.
Kebijakan openfile ini tentunya bisa menarik konsultan-konsultan lokal
untuk melakukan sti geologi mandiri yang nantinya bisa dijual ke
pemilik grid-grid kecil ini.
Di amrik. (GOM) cara ini didukung dengan sistem konsesi! Sehingga
mereka (pemilik) grid berkewajiban membayar pajak tanah dan kalau
sudah berproduksi akan membayar royalti.
Whallah kalau sudah sistem psc berganti royalty tentunya jalan masih
panjang kartena merubah UU yg perlu pembahasan bertahun tahun.

Rdp