From: Noel Pranoto <[EMAIL PROTECTED]>
To: iagi-net@iagi.or.id
Sent: Wednesday, July 25, 2007 8:26:27 AM
Subject: Re: [iagi-net-l] Tentang Minscape... :-)

Mas Oki, saya coba lagi ngasih "baju"-nya hex3.
Meski sekarang seringnya pakai Vulcan, dulu pernah juga pakai
Minescape, terutama waktu masih jalan di Unix SGI.

Pak Wahyudi,
Seperti diutarakan Pak Andi Zulkarnaen, pemodelan resource 2D
(gridding) di Minescape adl menggunakan (surface) grid. Sebagaimana
Anda ketahui, mulanya data dari geological database akan ditabulasi
dulu sblm di-grid, mirip spt proses mapfile kalau di Vulcan. Lalu
prose selanjutnya tabulasi data ini akan diolah menjadi grid file.
Pada akhirnya Anda akan mendapatkan berbagai macam "surface" atau
"horizon" dari grid file ini, mis: seam roof/floor, thickness, dll.
Surface expression adalah "surface" atau "horizon" maya hasil dari
proses aritmetik yang dapat Anda lakukan dari grid atau triangulasi
file yg Anda buat. Sebagai pembanding, jika di Vulcan prosesnya
dilakukan di gridcalc. Misalnya Anda ingin membuat horizon -0.10m dari
roof lapisan batubara utk menghitung potensi loss volume/tonnage pada
saat penambangan, atau +0.05m utk dilution, dll.
Mengenai triangulasi, saya pribadi memilih jenis ini hanya utk
memperoleh "surface" dari dataset yg cenderung regular dan bentuknya
sdh terduga, misalnya: stockpile, mined-out, wastedump, desain jalan,
dll.

Mudah-mudahan membantu.

On 25/07/07, oki musakti <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Iya Seph, setelah baca lagi pertanyaannya pak Adhi, saya baru sadar bahwa
> yang pertanyaannya bukan soal gridding algorithm, tapi lebih ke arah
> modeling.
> Wah bisa-bisa minta baju dikasi celana nih... maaf...maaf....
>
> cheers
> Oki
>

> "Joseph M. Sihombing" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>

> mungkin ada yang bisa bantu menjelaskan maksud dari item yang ditanyakan pak
> Adhi:
> apa itu surface expression, grid atau triangle yang dimaksud di Mincom..???

> [...]

Hot News!!!
EXTENDED ABSTRACT OR FULL PAPER SUBMISSION:
228 papers have been accepted to be presented;
send the extended-abstract or full paper
by 16 August 2007 to [EMAIL PROTECTED]
Joint Convention Bali 2007
The 32nd HAGI, the 36th IAGI, and the 29th IATMI Annual Convention and
Exhibition,
Bali Convention Center, 13-16 November 2007