Abah,

Memang sudah serius rencananya ? Saya pikir baru komentar-komentar
selewat saja dari beberapa netter. Mungkin tak akan mudah juga untuk
mengumpulkan para peminatnya. Lagipula, bedah buku biasanya menghadirkan
penulisnya dan para penanggapnya. Kemudian, buku apa juga yang akan kita
bedah ? Buku2-nya Pramoedya, Mochtar Lubis, Langit Kresna, Hubert
Forrester atau buku biografi-nya Pak Katili yang baru diluncurkan minggu
lalu dan kini sudah bisa dibeli di Gramedia ("Harta Bumi Indonesia" -
kalau mau melihat mahasiswa2 geologi pertama Indonesia dan katanya si
"tukang jagal" Klompe di buku ini ada ceritanya) ?

Kalau ada buku sejarah alam "kontroversial" yang menyangkut kegeologian
Indonesia, bisa menarik untuk dikaji. Buku2 geografi kesejarahan tulisan
Nathan Daldjoeni biasanya memuat hal2 seperti itu. Sayang, buku2-nya
kurang populer dan penulisnya telah tiada, padahal isinya sering
menghadirkan penemuan2 mengejutkan dan penting.

Buku2 Pramoedya, Mochtar Lubis, dan Langit Kresna biar saja dibedah oleh
orang2 berprofesi lebih pas. Pendek kata, saya pikir 3 Agustus 2007
belum jadi rencana.

Salam,

awang