Yth. Pak Hadhian,

Sertifikat yang bertanggal 17/06/1996 benar giok nefrit tetapi bentuknya bukan
meja melainkan bongkahan seberat 23,5 kg dan ditemukannya tidak di Jawa Timur
melainkan di Nangroe Aceh Darussalam ( kemungkinan besar ! ). Mengenai
permintaan harganya, mang Okim dengar ada beberapa versi, dari mulai yang
ratusan juta sampai yang  miliaran. Kepemilikannya sepertinya sudah beberapa
kali ganti karena mang Okim pernah dikontak oleh seseorang  yang ingin
mengganti nama pemilik di sertfikatnya .

Patung giok di lokasi rumah Anda ? Mudah-mudahan saja benar dan patung yang
ditemukan terbuat dari giok kelas imperial sehingga nilai jualnya betul-betul
lumayan ( bukan angin sorga ! ). Hanya, sejauh yang mang Okim ketahui,  untuk
mengambil barang-barang seperti yang Anda maksud biasanya minta permisi dulu ke
penunggunya ( mang Okim belum menyentuh hal-hal semacam itu ).

Harga giok tidak semahal seperti yang ditiupkan oleh orang-orang di Indonesia.
Dari katalog batumulia, giok nefrit yang dari Wyoming harganya sekitar 100
dolaran sekilo ( beberapa tahun yang lalu ). Di Indonesia, ada yang meniupkan
harga sampai 400 juta sekilo ( ??? ).

Kaitannya dengan industri penerbangan / NASA ? Bumbu ceritanya memang demikian
tetapi mang Okim kira hal tersebut hanya karangan belaka.

Sekian dulu penjelasan mang Okim,

Salam batumulia,
Mang Okim