Pak Zaim yth.,

Terima kasih. Walaupun saya gagal ke Athena, poster2 saya tentang
"tectonics & carbonates in eastern Indonesia and their roles to
petroleum plays" seharian Senin kemarin dipasang di AAPG. Jadi, semoga
ide2 yang saya cantumkan di poster2 itu dapat sampai kepada para
pengunjung yang kebetulan melihatnya. Hanya, tak ada pemandunya.

Itu bisa terjadi karena jasa baik rekan2 Pak Zaim, yaitu Pak Eddy
Subroto dan Pak Dardji, yang juga memasang poster mereka tentang
karbonat di Selat Makassar dan kebetulan booth posternya bersebelahan
dengan booth poster saya. Semoga Pak Dardji dapat sekaligus jadi
pemandunya he2.. Mengantisipasi visa Yunani yang tidak keluar, Jumat
sore minggu lalu saya menemui Pak Eddy dan Pak Dardji di bandara CGK
menitipkan poster tersebut.

Ya Pak Zaim, saya terima kegagalan berangkat ini, semoga saya tak kena
sanksi "no show" AAPG selama 3 tahun mendatang sebab kegagalan berangkat
ini bukan karena mangkir, tetapi karena visa tidak keluar, dan booth
poster saya tokh tidak kosong melompong.

Beberapa hari lalu saya secara tak sengaja menonton acara berita dari
sebuah stasiun TV tentang penemuan baru2 ini atas beberapa fosil mamalia
besar stegodon, tapir, dsb. di lereng selatan Muria, Jawa Tengah,
wilayah Patiayam, oleh Balai Arkeologi Yogyakarta. Mendengar "Patiayam"
dikatakan penyiar, saya langsung teringat Pak Zaim, ikon arkeologi dan
paleo-antropologi wilayah Patiayam. Penemuan2 baru tersebut jelas
mengkonfirmasi penemuan2 Pak Zaim belasan-puluhan tahun lalu di wilayah
ini. Menarik sekali Pak Zaim, juga mengkajinya dengan proses sedimentasi
antara daratan utama Jawa dan "pulau" Muria.

Salam,
awang