Jabatan seperti Ka BPMIGAS di Indonesia ini masih banyak buatan politis dan
sangat birokratis. Salah satunya dinilai dari kelayakan kepangkatan
(eselon2an-lah) masing-masing kandidat dan persyaratan lainnya (pernah
ngikutin kursus2 kepemimpinan-lah). Dan dari lingkungan ESDM memang
kelihatannya 3 orang yang disebut (pak Pri, bu Evita dan pak Hadi) yang
sudah memenuhi kelayakakan tersebut. Kalau boleh saya nilai mereka adalah
betul2 datang dari kalangan teknokrat, dan bisa jadi paham betul bermain di
lingkungan mereka. Nah, bagi seseorang yang tidak paham permainan (atau
bahkan cenderung tidak bisa, seumpama dari kalangan luar) seperti di
birokrasi Indonesia akan sering bikin frustasi bila kemudian jadi terlibat
di dalamnya (?)…terlibat apapun, (contoh mudahnya) termasuk seperti kalau
kita2 terlibat dalam proses perijinan di perkantoran pemerintahan (waaah!
Seperti ada tulisan di kepala mereka: "kalau bisa dipersulit kenapa
dipermudah dan kalau bisa dipungut mahal kenapa dipermurah").

Dulu saya pernah berpikir bahwa kalau generasi kita2 yang kuliahan di atas
80-an sangatlah tidak menyukai generasi yang berkuasa saat itu, karena
dianggap korup, feudal dan birokratis sehingga saya beranggapan bahwa teman2
kita generasi muda ini akan menjadi pemotong dari sistem sebelumnya…TETAPI,
ternyata nggak tuh! Generasi seperti itu tetap muncul, tumbuh, dan bahkan
mungkin berkembang lebih canggih di dalam birokrasi pemerintahan kita saat
ini. Jadi kalau kita dapatkan nantinya pemimpin yang berasal dari lingkungan
teknokrasi dan birokrasi.., yaah sudah bisa didugalah apa jadinya nanti!!!

Kapaaan ya…kita bisa punya kemauan dan kemampuan untuk CHANGE!

Salam,

-abl-
Berharap, kalaupun nantinya Ka BPMIGAS dari kalangan birokrasi, bisa membawa
spanduk "CHANGE", dan membawa jaya industri MiGas kita, amiin.

Kirim email ke