Berbicara tentang transportasi di Jakarta memang sangat menarik karena
permasalahannya cukup rumit, sementara penanganannya oleh pihak berwenang
sampai sekarang ini terlihat masih belum serius dan terpadu. Padahal kalau
dilihat sudah banyak studi khusus oleh berbagai pihak yang sangat
berkompeten mengenai cara mengurai ruwetnya benang-kusut transportasi ini.

Pada tahun 1995-1996, pernah ada proyek khusus dari Departemen Perhubungan
(saat itu MenHub-nya adalah Pak Haryanto Dhanutirto)
yang dananya bermilyar rupiah yang melibatkan 3 perguruan tinggi: ITB, UI,
ITS. Saya kebetulan terlibat di dalamnya.

Proyek tersebut tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran jelas tentang
semua moda transportasi di Indonesia (dari kota besar di ibukota propinsi
sampai ibukota kecamatan): angkutan darat, laut, udara, sungai dan danau.

Semua data akan ditampilkan dalam format GIS sehingga bisa sangat interaktif
dan mudah digunakan, apalagi konsumen akhirnya adalah para pengambil
kebijakan/keputusan di kalangan dinas yang terkait dengan transportasi:
DepHub, DLLAJR, Polri, DPR, para kepala daerah dst. Untuk itu ketiga
perguruan tinggi di atas membangun mega-database dan merancang sendiri
piranti lunaknya dengan multi sistem operasi (DOS, Ms-Windows, Linux versi
awal), sehingga para pemakainya hanya tinggal klik beberapa kali tombol
tetikus, maka akan diperoleh beragam data transportasi yang diinginkan untuk
suatu lokasi di saat tertentu di semua wilayah RI. Untuk saat itu
kelihatannya hasilnya sudah cukup luar biasa.

Piranti lunak itu juga memiliki kemampuan untuk membuat Simulasi kepadatan
arus lalu-lintas dan penanganannya, juga pemodelan sensitivitas arus
lalu-lintas disaat peak hour (jam pergi/pulang kantor) atau peak season
(hari raya keagamaan).

Dengan data-data masukan dari berbagai pihak dan jenis; mulai dari dealer
kendaraan (jumlah mobil baru terjual), importir mobil, panjang ruas jalan,
kondisi jalan, situasi geografi jalan, Samsat (jumlah ranmor yang
terdaftar), dlsb., maka piranti lunak buatan ITB-UI-ITS ini memiliki
kemampuan untuk melakukan validasi mulai dari data yang dimasukkan sampai
dengan Model dan simulasi yang dihasilkan, juga bisa membaca format database
dari dinas transportasi negara-negara yang sudah maju transportasinya
(Jepang, Korea Selatan, dlsb).

Untuk mendapatkan data akurat dikerahkan tenaga mahasiswa dari
Sabang-Merauke untuk melakukan survey lapangan.

Setelah dipresentasikan di depan jajaran MenHub dan komisi DPR yang
membidangi masalah transportasi, dan proyeknya dinyatakan sukses dari sisi
waktu dan dana.....maka nasibnya sekarang tak ada yang tahu.... sayang
sekali!

Hiduplah Indonesia Raya!

Wassalaam,
YKA