Pak Rovicky,

  Yang di LUSI kita sebut saja mud volcano crater, yang subsidence-nya
pelan-pelan dan betul karena masalah kesetimbangan pressure serta hilangnya
daya dukung di subsurface akibat materialnya dikeluarkan lalu membebaninya lagi.

  Yang di Darvaza kita sebut collapse crater, yang subsidence-nya terjadi
seketika dan selesai saat itu juga karena ada gua di bawah drilling site dan
runtuh saat dilakukan pemboran.

  Tapi keduanya mengandung gas atau hidrokarbon yang menemukan jalan keluar ke
atas akbat differential pressure, sama-sama dari tekanan tinggi ke tempat
dengan tekanan rendah.

  salam,
  awang

Rovicky Dwi Putrohari <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Aku hanya dapet referensi ini : Earth-Science Reviews 2001
www.elsevier.com "The geology and petroleum potential of the North
Afghan platform and adjacent areas žnorthern Afghanistan, with parts
of southern Turkmenistan, Uzbekistan and Tajikistan"
Michael E. Brookfield), Ajruddin Hashmat- Department of Land Resource
Science, Guelph UniÕersity, Guelph, Ontario N1G 2W1, Canada.

Btw, pertanyaan sederhana dari pembaca-pembaca dongeng adalah "Apakah
hal ini bisa terjadi di Lusi ?"
Ada yang punya pendapat ?
Aku rasa sih yang terjadi di Lusi, justru adanya "high pressure" di
bawah sana akibat pembebanan yang mendorong batuan "lembik" untuk
"mecotot" keluar. Subsidence terjadi karena terjadinya pressure
equilibrium saja. Sedangkan di Darvaz ini yang terjadi adalah batuan
yang lapisan atas runtuh karena adanya rongga dibawah. Bagaimana Pak
Awang ?

Btw warna merah-merah itu bukannya seperti vulcano (lava) tetapi api
dari gas yang senagja dibakar supaya gas terrelease tidak meledak bila
tersulut. Hal ini seperti kalau ada sumur terkena semburan selalu
"sengaja" dibakar, for safety reason.
Silahkan tengok videonya untuk lebih jelas disini :
http://www.youtube.com/watch?v=TEjoga1yrn0

RDP

2008/4/28 :
> Awang,
>
> Publikasi AAPG yang mana?
> USGS juga ada report USGS Bulletin 2201-H (bisa di akses online).
> Yang di Karakum sebenarnya tidak terlalu banyak gasnya. Lapangannya relatif
> kecil. Yang besar di cretaceous clastic Dauletabad Donmez di selatan 48.7 TCF
> (ini bisa dilihat di AAPG publication).
>
> Herman

http://tempe.wordpress.com/
Telling the truth is important